by

Upacara Adat Kematian Termahal di Indonesia

Upacara adat ternyata tidak semudah dan semurah yang kita bayangkan. Ada banyak sekali upacara adat yang biasa dilakukan oleh suatu suku untuk menghormati nenek moyang ataupun kepercayaan mereka. Salah satunya yang tak luput dari sorotan ialah upacaran kematian. Ternyata ada beberapa upacara kematian termahal di indonesia loh, berikut ini daftarnya.

Ngaben

Tidak bisa dipungkiri lagi jika upacara ngaben yang dilakukan oleh agama Hindu ini menjadi upacara kematian termahal di indonesia. Ngaben adalah upacara kematian dengan cara kremasi untuk mengirim jenazah ke kehidupan selanjutnya. Kremasi dilakukan dengan jasad dibakar hingga menjadi abu.

Biaya upacara ini bisa sampai belasan juta rupiah sekali upacara, tak heran jika banyak yang melakukan upacara kematian ini secara bersama sama agar bisa patungan. Yang membuat ngaben menjadi maha ialah sesajen, pembuatan wadah dan pernak pernik.

Mangokal Holi

Ternyata ada yang jauh lebih mahal lagi ketimbang ngaben, yaitu upacara kematian Mangokal Holi dari suku Batak. Upacara ini terbagi menjadi 2 rangkaian. Upacara pertama ialah dilakukan  ketika mayat telah meninggal. Acara ini dilakukan 3 hari dengan kegiatan pemotongan hewan ternak dan juga menyanyikan lagu dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Saja Sih yang Membuat Mental Menjadi Lemah?

Upacara yang kedua dilakukan setelah sekian tahun jasad dikuburkan. Jasa yang sudah berbentuk tulang belulang dipindahkan dan dikubur di bawah makam batu atau tugu. Jadi total biaya yang dibutuhkan untuk 2 upacara ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Rambu Solok

Mencengangkan lagi, upacara kematian milik suku Toraja. Upacara yang dilakukan suku Toraja ini bermakna mengantarkan arwah menuju ke alam roh. Keluarga yang ditinggalkan harus berkurban kerbau dan babi. Tak sembarang kerbau yang bisa digunakan untuk berkurban, namun kerbau berjenis Tedong Bonga yang harganya bisa mencapai 50 juta per ekor.

Biaya yang dibutuhkan untuk upacara kurban ini bergantung kepada strata sosial keluarga. Anggap saja upacara kematian keluarga bangsawan, mereka harus berkurban sekitar 24 sampai 100 ekor. Jika di total, angkanya bisa menyentuh 5 miliar rupiah. Belum lagi ditambah dengan upacara lainnya.

Nah di atas adalah upacara kematian termahal di indonesia. Biaya yang besar ini mereka keluarkan demi menghormati adat dan istiadat setempat.

News Feed