by

Unjuk Kekuatan, Honda Merapat ke GM di Amerika, Bikin Mobil Listrik Baru

Honda dan General Motors (GM) mengumumkan rencana membentuk aliansi baru di Amerika Utara. Kolaborasi ini bakal menghasilkan mobil baru dengan platform sama yang juga meliputi berbagi pengembangan mesin dan teknologi listrik.

Upaya aliansi itu saat ini masih dalam tahap ‘memorandum of understanding (MoU)’ yang tidak mengikat. Tujuan aliansi guna memangkas biaya-biaya saat industri otomotif mengarah ke era kendaraan listrik.

Baca juga : Manfaat Tauge untuk Kesehatan dan Cegah Penuaan Dini

GM dan Honda berencana mengembangkan setidaknya empat crossover untuk pasar Amerika Utara. GM mau menjual 20 model kendaran listrik secara global pada 2023, sedangkan Honda mau mengembangkan dua model plug-in hybrid menggunakan baterai Ultium dari GM.

Hubungan Honda dan GM sudah terjalin sebelum penandatanganan MoU tidak mengikat itu, yakni melalui kerja sama pengembangan baterai dan pertukaran mobil. Mobil listrik Honda bakal menggunakan baterai Ultium dari GM.

Selama 10 tahun terakhir para produsen otomotif bergerak merapat satu dengan yang lain untuk mengantisipasi biaya besar masuk ke era kendaraan listrik. Misalnya, Ford sudah bergabung dengan Volkswagen untuk kendaraan listrik dan otonom.

Selain itu aliansi Honda-GM juga akan bersaing dengan aliansi lainnya seperti Renault-Nissan-Mitsubishi dan PSA Group-Fiat Chrysler.

Baca Juga :  Moge Honda Forza 750 Skutik Resmi Dijual Tahun Depan

Comment

1 comment

News Feed