by

UKURAN LAPANGAN SEPAKBOLA DI INDONESIA

-Olahraga-106 views

Kunci Berita – Ukuran Lapangan Sepakbola di Indonesia
Segala pertandingan yang diadakan oleh setiap penyelenggara, tentu harus menyesuaikan dengan peraturan dan standar dari masing-masing perserikatan tertinggi. Misal saja ukuran lapangan sepakbola di Indonesia pun perlu diperhatikan agar tidak menyalahi aturan. Dengan begitu, permainan pun akan berjalan dengan maksimal.


Ukuran Lapangan Sepakbola di Indonesia
Pertandingan sepak bola yang diadakan di dalam negeri tentu akan menggunakan standar nasional dimana umumnya cukup memiliki sedikit perbedaan dengan skala internasional. Aturan seperti ini akan ditentukan oleh PSSI sebagai Induk Organisasi Sepakbola Nasional.


Ukuran lapangan sepakbola di Indonesia nyatanya tidak jauh dari standar yang ditentukan oleh FIFA. Panjang umumnya 90-120 meter, lebar 45 meter- 90 meter, radius lingkaran tengah 9,15 meter dan diameternya 18,30 meter.
Ukuran kotak kiper memiliki panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter, gawang sepanjang 7,32 meter serta tinggi 2,44 meter. Sementara jarak titik penalti dan garisnya yakni 11 meter. Pertandingan sepak bola Indonesia selama ini sudah menggunakan standar tersebut.


Ukuran Lapangan Sepakbola Skala Internasional
Hanya ada sedikit perbedaan antara lapangan sepakbola di Indonesia dengan menggunakan skala internasional. Hal ini memang ditentukan berdasarkan banyak faktor, salah satunya yaitu karena postur tubuh dari pemain dalam negeri cenderung lebih pendek daripada manca negara.


Lapangan sepakbola dengan menggunakan skala internasional memiliki panjang minimal 100 meter dan 110 meter serta lebar 64 sampai 75 meter. Ukuran radius lingkaran tengahnya 9,15 meter dan diameternya 18,30 meter.
Kotak kiper dalam lapangan sepakbola ini berukuran panjang 18,30 meter dan 5,5 meter. Sementara ukuran daerah penalti yakni panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Gawang umumnya menggunakan standar 7,32 x 2,44 meter dengan jarak titik penalty 11 meter serta jaring 7,2 x 2,4 meter.

Baca Juga :  Akibat Skandal, Greenwood dan Foden Dicoret dari Timnas Inggris


Itulah tadi ulasan mengenai ukuran lapangan sepakbola di Indonesiayang sampai saat ini dijadikan sebagai patokan ketika menyelenggarakan pertandingan tersebut di dalam negeri. Hal ini pun menjadi alasan mengapa pemain harus menyesuaikan jika sedang mengikuti turnamen di luar negeri.

Baca juga : Apa Sih Sebenarnya Tujuan Permainan Sepak Bola?

Comment

News Feed