by

Trump: China Picu Kerusakan Besar Bagi AS dan Dunia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menunjukkan protes keras dan ketidak sukaannya terhadap China. Dalam cuitannya, Trump kembali menyalahkan China atas kekisruhan yang tengah terjadi di AS dan dunia.

“China telah menyebabkan kerusakan besar bagi Amerika Serikat dan seluruh dunia,” tulis Trump.

Baca juga : Tren Sembuh Corona Lampaui Positif di DKI Terus Berlanjut

Trump telah berulang kali menunjukkan amarahnya terhadap China, termasuk terkait penularan virus corona, pengesahan undang-undang keamanan nasional terhadap Hong Kong, hingga perang dagang.

Terkait penyebaran Covid-19, Trump sempat menuding China tidak transparan mengenai asal mula kemunculan virus corona.

Menurutnya, kemunculan gelombang kedua Covid-19 di China lantaran pengujian virus yang massif sebagai sebuah berita palsu. Ia juga meminta media melaporkan adanya laporan palsu penularan virus di China.

AS hingga saat ini masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 dan angka kematian tertinggi di dunia. Berdasarkan data statistik John Hopkins University, AS memiliki 2.888.915 kasus corona dengan 129.948 kematian.

Tren penularan kasus Covid-19 di AS juga terus meningkat kendati telah memasuki era kenormalan baru. Pemerintah federal dan negara bagian telah mencabut serangkaian kebijakan pembatasan pergerakan.

Ahli penyakit menular Anthony Fauci sempat mengatakan bahwa penanganan virus corona di AS ‘berjalan ke arah yang salah’. Fauci juga menuturkan bahwa pemerintah belum bisa mengendalikan penularan virus corona.

Fauci bahkan memperingatkan bahwa kasus corona baru bisa bertambah dua kali lipat menjadi 100 ribu per hari jika pihak berwenang gagal mengambil langkah yang tepat dan cepat untuk mengendalikan penularan Covid-19.

Comment

1 comment

News Feed