by

TNI Kerahkan Ribuan Personel Bantu Evakuasi Sriwijaya SJ 182

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan total 1.398 personel gabungan tiga matra untuk mendukung operasi penyelamatan dan evakuasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Secara rinci, TNI Angkatan Laut (AL) menerjunkan 1.218 personel dengan bantuan enamSea Rider, enam perahu karet, dan 25 alat selam. Sedangkan TNI Angkatan Darat (AD) menurunkan 130 personel dan TNI Angkatan Udara (AU) 50 orang dengan dua helikopter.

Baca juga : 5 Ide Menu Sarapan yang Bisa Dibuat dengan Air Fryer

“Total keseluruhan yaitu personel 1.398 orang. Materiil: 6 Sea Rider, 6 perahu karet, 25 alat selam. Alutsista: 16 KRI, 5 helikopter, 1 CN 295, 1 Boeing Intai,” kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam keterangannya, Minggu (10/1).

Hadi menyatakan proses pencarian pesawat mengalami kemajuan dengan ditemukannya serpihan pesawat hingga jaket pelampung (life vest) oleh penyelam dari Kopaskan dan Denjaka TNI AL.

“Seperti yang saya sampaikan tadi pagi ketika di dermaga bahwa KRI Rigel 933 sudah menemukan sinyal. Dan setelah dilakukan penyelaman oleh Kopaska itu sudah ditemukan beberapa serpihan dari pesawat tersebut seperti life vest jacket, kemudian warna bagian dari pesawat ada dan juga bagian dari ada registrasinya di kedalaman 23 meter,” tutur dia.

Ia menambahkan Tim SAR gabungan telah menemukan titik lokasi jatuh pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan akan menyiapkan kapal yang dilengkapi dengan penderek untuk mengangkat badan pesawat.

Pesawat Sriwijaya Air nomor register PK-CLC SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu (9/1) pukul 14.40 WIB dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Berdasarkan rilis dari Kementerian Perhubungan, Sriwijaya Air SJ182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru.

Baca Juga :  KPPU Selidiki Lonjakan Harga Ayam di Medan

Sebanyak 40 orang dari total penumpang merupakan penumpang dewasa, tujuh di antaranya anak-anak, dan tiga bayi.

Comment

News Feed