by

Tips Tidur Nyenyak Agar Kamu Tetap Sehat dan Fit

Tidur menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi semua orang. Tidur yang berkualitas menjadi kunci utama kesehatan tubuh, kebugaran, dan produktivitas nantinya. Tanpa disadari, banyak orang yang menderita insomnia dan kekurangan tidur akibat tidur malamnya tidak nyenyak. Ada beberapa tips agar tidurmu bisa nyenyak. Berikut ini adalah tips tidur nyenyak yang harus kamu perhatikan.

Matikan Lampu

Cahaya menjadi faktor utama penentu apakah tidur kamu bisa pulas atau tidak. Supaya kamu memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak, maka dari itu kamu harus mematikan semua lampu dan buatlah tempat tidurmu segelap mungkin. Hal ini sangat berguna buat kamu agar tidak ada cahaya yang menyoroti mata sehingga membuat dirimu tidak nyaman saat tidur.

Pastikan Kamar Berada di Temperatur yang Tepat

Aturlah suhu pada kondisi yang normal dan cocok untuk tidur. Biasanya sekitaran 20 derajat sudah membuat dirimu nyaman. Dan pastikan pula, kamu tidak tersorot oleh kipas atau AC yang berlebih. Hal ini dikarenakan agar kamu merasa nyaman dan tidak terganggu oleh dinginnya kipas dan AC.

Kurangilah Penggunaan Smartphone Saat Hendak Tidur

Sinar biru ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur loh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah penggunaan gadget sebelum kamu tidur. Jika kamu sudah merasa ngantuk, cobalah untuk segera mematikan gadget dan pulihkanlah dirimu dari gadget untuk beberapa menit. Baru kemudian tidurlah.

Baca Juga: Begini Posisi Terbaik Agar Tidur Lebih Nyenyak

Mandilah dengan Air Hangat

Kenapa harus air hangat? karena dengan mandi air hangat, otot ototmu menjadi lebih rileks. Mandi air hangat bisa dilakukan sebelum kamu tidur. Karena sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dengan mandi air hangat. 

Makan yang Cukup

Tidak baik jika kamu terlalu banyak makan sebelum tidur. Hal ini akan membuat tubuh kamu tidak fokus untuk tidur. Karena tubuh kamu akan sibuk mencerna makanan. Sehingga membuat kamu tidak bisa tidur nyenyak. Begitu juga jika kamu tidur dalam keadaan lapar, kamu tidak bisa nyenyak ketika tidur.

Di atas adalah tips tidur nyenyak yang bisa kamu coba. Setelah mencoba cara di atas, rasakanlah manfaatnya. 

Comment

News Feed