by

Sepakbola Vietnam Berjalan Tanpa Protokol Kesehatan

Vietnam menjadi salah satu negara yang sukses menghadapi Pandemi Covid-19. Karena kesuksesannya dalam menangani pandemi Covid-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia ini membuat mereka kembali menggelar sepakbola di tengah pandemi Virus Corona. Bahkan sepakbola di Vitenam ini digelar dengan penonton dan berlangsung meriah tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Laga pembuka Kualifikasi Piala Vietnam ini dibuka dengan pertandingan dari Nam Dinh yang melawan Hoang Anh Gia Lai yang berlangsung pada sabtu 23 Mei 2020 kemarin.

Yang menjadi sorotan adalah stadion Nam Dinh tersebut digelar secara terbuka jadi siapa saja boleh masuk dan mendukung tim kesayangan mereka. Panitia pelaksana pertandingan sudah menyiapkan 10 ribu lembar tiket kepada siapa saja yang ingin menonton pertandingan tersebut.

Baca juga : Mamah Dedeh dikabarkan meninggal dunia

Para suporter yang berada di Stadion tersebut bisa bebas berkeliaran serta mendukung tim kesayangan mereka tanpa menggunakan masker. Sepertinya Vietnam tidak mengenal lagi apa itu istilah New Normal yang sudah mulai dipraktikkan di seluruh dunia termasuk juga Indonesia yang mulai akan melaksanakan New Normal Juni mendatang.

Sebenarnya pemandangan seperti ini bukan hal mengejutkan di Vietnam. Pasalnya mereka secara resmi sudah mengakhiri masa social distancing di akhir April kemarin. Tentu saja ini berdasarkan kesuksesan mereka dalam menangani masalah Covdi-19. Yang hebat dari Vietnam adalah hanya ada 327 kasus yang tercatat dan 272 berhasil sembuh. Bahkan tidak ada pasien yang meninggal dunia berdasarkan data resmi dari Pemerintah.

Tentu saja keberhasilan Vietnam dalam menangani Covid-19 ini juga karena keputusan pemerintah mereka yang telah melakukan tindakan preventif sejak kabar adanya Virus Corona ini mulai mencuat di Desember tahun 2019 lalu. Sejak saat itu Pemerintah Vietnam mulai membatasi keluar masuknya warga negara asing.

Hasil dari kesigapan pemerintah Vietnam berdampak kepada Virus Corona yang mampu dicegah sedini mungkin. Padahal jika dilihat secara geografis, Vietnam berbatasan langsung dengan negara China.

Saat ini kehidupan di Vietnam sudah mulai berjalan normal seperti sebelumnya. Sepakbola disana juga bisa berjalan tanpa menggunakan protokol kesehatan akibat adanya kepatuhan masyarakat dan kerja keras dari pemerintah dalam menangani Covid-19.

Comment

1 comment

News Feed