by

Senin Depan, Bekasi akan Tentukan Ikuti PSBB Total Jakarta atau Tidak

Pelaksanaan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) untuk kawasan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) yang jadi daerah penyangga DKI Jakarta akan ditentukan minggu depan.

Sebelumnya, Epidemiolog Universitas Airlangga Windhu Purnomo menyarankan PSBB dilakukan tak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek).

Baca juga : Samsung Gelar Acara Lagi Minggu Depan, Umumkan Harga Galaxy Z Fold 2?

Namun, rapat koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan kepala daerah Bodetabek pada Kamis (10/9) belum membuahkan kesepakatan.

Anies pun mengaku tidak bisa memaksakan daerah penyangga untuk ikut menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Pada Sabtu (12/9) Pemprov DKI Jakarta kembali melakukan rapat dengan pemerintah pusat terkait pelaksanaan PSBB total. Turut hadir dalam rapat itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menanggapi pelaksanaan PSBB total DKI Jakarta, sejumlah kepala daerah Bodetabek menyatakan keberatan.

Wali Kota Bogor Bima Arya menganggap PSBB total di Jakarta masih belum jelas sehingga belum bisa mengambil keputusan. Sementara Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menilai keputusan PSBB total DKI bisa menguntungkan Kota Bogor karena mengurangi mobilitas warga.

Pemerintah Kabupaten Bogor memilih untuk kembali memperpanjang PSBB pra-adaptasi kebiasaan baru (AKB). Dengan aturan ini, Ade memperketat sejumlah aturan seperti pemberlakuan jam malam dan juga menutup area wisata air atau kolam renang.

Pemkot Bekasi tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti jejak Anies menerapkan PSBB total di Kota Bekasi. Saat ini mereka masih menerapkan adaptasi tatanan hidup baru (ATHB) Masyarakat Produktif Aman Covid-19.

Sementara Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyatakan belum mau mengikuti langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kembali menerapkan PSBB Total guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Comment

1 comment

News Feed