by

Sejarah Mistis dari Sesaji

-Horror-58 views

Istilah sajen bagi warga Indonesia memang sudah tidak asing lagi terutama untuk masyarakat yang berada di daerah dengan adat istiadat masih dijunjung sangat kental dan tinggi seperti Bali dan Jawa Tengah. Lantas bagaimana sejarah mistis dari sesaji ini?


Upacara Adat Menggunakan Sesaji di Daerah Jawa
Hampir semua upacara adat yang diadakan di nusantara ini akan dilengkapi dengan penggunaan sesaji misalnya pernikahan di Jawa. Umumnya perlu disiapkan sajen sebelum memasang bleketepe dan tarub. Biasanya terdiri dari nasi tumpeng, buah-buahan, minuman, jamu, daging kerbau dan lainnya.


Sesaji ini memang masih menjadi perdebatan hingga sekarang meskipun sejarahnya sudah dikenal lama di Indonesia. Jadi banyak orang beranggapan bahwa sesajen ini merupakan bentuk kesopanan terhadap makhluk halus atau dapat dianggap seperti alam dan sesepuh.


Kepercayaan tersebut masih dianggap kuat terutama di daerah Kedjawen. Perdebatan yang terjadi ini dikarenakan adanya anggapan bahwa mereka yang menggunakannya dipandang melakukan hal musyrik dan menyimpang dari agama.


Kepercayaan Sesaji bagi Umat Budha
Lain halnya dari kepercayaan umat Budha. Buddhanisme menganggap bahwa sesajen ini justru menjadi alat sarana menghormati para makhluk-makhluk yang berada di dalam neraka. Hal ini menjadi bentuk penghormatan lantaran agama ini mengajarkan mengenai belas kasihan bagi semua orang.


Masyarakat Bali menganggap bawah sesaji ini menjadi bentuk dari rasa syukur untuk para Dewa yang sudah memberikan kesejahteraan hidup mereka. Jangan heran jika Anda sedang berkunjung ke pulau Dewata dan akan menemukan banyak sesajen di pinggiran jalan, trotoar hingga pintu masuk rumah.


Salah satu komponen yang tidak jauh dari sesajen adalah adanya bunga. Benda ini dipercaya memiliki makna filosofi sendiri. Hal ini ditunjukkan melalui baunya akan dikiaskan menjadi berkah dari leluhur dan aroma masing-masing menjadi ciri khas setiap sesepuh.

Baca Juga :  Ludah Pocong, Bentuk Penglaris yang Paling Umum


Itu tadi beberapa kepercayaan mengenai sejarah mistis dari sesaji yang ada di Indonesia khususnya Jawa dan Bali. Sajen memang sudah menjadi hal lumrah dan wajar di bumi nusantara ini lantaran masih menjunjung tinggi adat istiadat setempat.

Baca juga : Bentuk Tuyul yang Sebenarnya

Comment

1 comment

News Feed