by

Sejarah Browser

Sejarah Browser pertama kali

Browser web pertama, yang disebut WorldWideWeb, dibuat pada tahun 1990 oleh Sir Tim Berners-Lee. Dia kemudian merekrut Nicola Pellow untuk menulis Line Mode Browser, yang menampilkan halaman web di layar itu dirilis pada tahun 1991

1993 adalah tahun yang penting dengan dirilisnya Mosaic, yang dikreditkan sebagai “browser populer pertama di dunia”. Antarmuka grafisnya yang inovatif membuat sistem World Wide Web mudah digunakan dan dengan demikian lebih mudah diakses oleh kebanyakan orang.

Hal ini, pada gilirannya, memicu ledakan Internet pada 1990-an, ketika Web tumbuh pada tingkat yang sangat cepat. Marc Andreessen, pemimpin tim Mosaic, segera memulai perusahaannya sendiri, Netscape, yang merilis Netscape Navigator yang dipengaruhi Mosaic pada tahun 1994. Navigator dengan cepat menjadi br0wser paling populer pada saat itu.

Microsoft kemudian memulai debutnya dengan Internet Explorer pada tahun 1995, yang mengarah ke perang br0wser dengan Netscape. Microsoft dapat memperoleh posisi dominan karena dua alasan: ia menggabungkan Internet Explorer dengan sistem operasi Windows yang populer dan melakukannya sebagai freeware tanpa batasan penggunaan. Akhirnya pangsa pasar Internet Explorer mencapai lebih dari 95% pada tahun 2002.

Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan Mozilla Foundation untuk membuat browser baru menggunakan model perangkat lunak open source. Karya ini berkembang menjadi browser Firefox, pertama kali dirilis oleh Mozilla pada tahun 2004. Firefox mencapai pangsa pasar 28% pada tahun 2011.

Apple merilis browser Safari pada tahun 2003. Ini tetap menjadi br0wser dominan di perangkat Apple, meskipun tidak menjadi populer di tempat lain.

Google memulai debutnya dengan br0wser Chrome pada tahun 2008, yang terus mengambil pangsa pasar dari Internet Explorer dan menjadi browser paling populer pada tahun 2012. Chrome tetap dominan sejak saat itu.

Baca Juga :  Dituduh Monopoli, Google Bisa Diminta Jual Chrome dan Iklan

Pada tahun 2011, ekstensi HTTPS Everywhere dirilis, dan ekstensi NoScript menerima banyak penghargaan. Pada tahun yang sama, Mozilla meluncurkan versi stabil Tor Firefox untuk menavigasi web gelap.

Microsoft merilis browser Edge pada tahun 2015 sebagai bagian dari rilis Windows 10. (Internet Explorer masih digunakan pada versi Windows yang lebih lama.)

Dalam hal teknologi, br0wser telah sangat memperluas kemampuan HTML, CSS, JavaScript, dan multimedia mereka sejak tahun 1990-an. Salah satu alasannya adalah untuk mengaktifkan situs web yang lebih canggih, seperti aplikasi web.

Begitulah kira kira sejarah persaingan antar browser yang dimulai dari netscape. Apabila kalian yang berminat untuk membuat website untuk pribadi atau perusahaan silakan kunjungi : Jasa pembuatan website jogja

Comment

News Feed