by

Sahabat Berubah Wujud, dari Manusia Kini Menjadi Youtube

Dalam masa-masa pandemi COVID-19, pemerintah mewajibkan untuk menjaga jarak minimal satu meter, bahkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online (tanpa tatap muka). Demi memperkecil penyebar luasan virus corona, menjadikan para pelajar atau mahasiswa tidak bisa atau kesusahan untuk bertemu dengan teman dan sahabat karibnya. Menghadapi pandemi ini banyak orang yang menghabiskan waktunya dan mengatasi kejenuhannya dengan cara menonton video di platform youtube. Sebenarnya, tak hanya menonton, sebagai pengguna youtube, kamu pun bisa berkarya lewat youtube. Karya-karya yang akan kamu ciptakan di sana bisa sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Berikut beberapa hal yang bisa kamu jadikan konten yang bermanfaat di youtube:

  1. Konten Pendidikan

Saat pandemi, konten pendidikan sangat dicari oleh pelajar dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Video pembelajaran di youtube akan membantu seseorang untuk memahami materi-materi pelajaran atau mata kuliah. Jika kamu menguasai suatu ilmu, maka kamu bisa membagikan ilmu tersebut dalam bentuk video penjelasan di youtube.

  1. Konten musik

Belakangan ini, banyak sekali youtuber yang membuat video cover sebuah lagu. Bagi kamu yang suka bergelut dibidang musik, membuat konten video musik di youtube bisa menjadi hal yang menarik. Kamu bisa merekam lagu-lagu ciptaanmu sendiri, merekam ketika sedang bermain alat musik, atau hanya bernyanyi dengan bantuan karaoke. Selain dapat menyalurkan bakatmu, hal ini pun bisa kamu manfaatkan agar masa karantinamu tidak menjemukan.

  1. Konten Memasak

Kapan lagi kepiawaian dan kegemaran memasak bisa ditampilkan? Di youtube, kamu bisa memberikan penjelasan tentang resep masakan yang kamu masak atau membagi cara-cara memasak sebuah hidangan dengan benar. Hal ini sangat bermanfaat bagi penonton yang tidak pandai memasak atau ingin belajar memasak.

  1. Konten Makan

Masa-masa karantina atau di rumah saja, menjadikan kamu yang normalnya makan tiga kali dalam sehari menjadi empat atau bahkan sampai lima kali dalam sehari.

Kegiatan makanmu juga bisa kamu rekam dan kamu unggah di youtube. Kamu hanya membutuhkan makanan dan alat rekam, lalu mulailah untuk mengulas bagaimana rasa makanan yang kamu makan.

  1. Konten Makeup

Jika kamu pandai berhias diri, kamu wajib membuat tutorial makeup. Tutorial makeup sangat digemari khususnya oleh kaum hawa. Maka, tidak ada salahnya kamu membagikan informasi dan tips bagaimana cara memakai makeup.

  1. Konten Olahraga

Ketika masa pandemi, pemerintah mengharapkan kita bisa menjaga kesehatan dengan cara berolahraga. Bagi kamu yang gemar olahraga, kamu bisa membagikan cara berolahraga yang mudah walaupun hanya di rumah. Aktivitas fisik manusia ketika berada di rumah saja sangat minim, dengan adanya konten ini, orang-orang bisa mempraktikkan sehingga dapat menjaga kesehatan serta kebugarannya agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Konten Game

Selain menonton youtube, sebagian orang juga bermain game. Kamu juga bisa membuat video saat bermain game. Konten gaming sangat dicari banyak orang di youtube, apalagi jika pembawaan dan cara berbicaramu yang seru akan menambak jumlah penonton.

  1. Konten Sastra

Banyak hal yang mestinya bisa kamu tulis saat masa pandemi. Kamu bisa mencurahkan isi hatimu dalam sebuah tulisan. Setelah itu, kamu bisa bacakan tulisan-tulisanmu dengan diiringi instrumen musik.

Dari membuat konten-konten tersebut kamu akan mendapat beberapa keuntungan yaitu mendapatkan penonton yang bisa kamu jadikan teman untuk berbagi ilmu, mendapatkan pelanggan atau subscriber, mendapatkan uang, dan dapat menyalurkan kegemaranmu. Jadi, tidak ada salahnya kamu menghabiskan waktumu selama masa pandemi ini dengan berkarya lewat youtube.

Author: Zhafirah

Comment

22 comments

  1. Artikelnya bagus sekali memberikan solusi buat teman-teman yang lagi stay at home, supaya tidak boring di rumah dan tetap berkarya

  2. Saya lebih suka konten olahraga karena hal itu sangat membantu,khususnya pada masa pandemi covid-19 pada saat,dimana semua kegiatan dibatasi,dengan adanya konten olahraga kita bisa berolahraga sendiri dirumah dengan tetap memperhatikan tahap-tahap dalam melakukan olahraga

  3. Ya sangat bermanfaat bagi saya.Kenapa?Karena kita masih tidak diperbolehkan keluar rumah untuk menghindari virus tsb dengan cara yang terterah diatas dapat mengisi waktu kita dirumah untuk tidak keluar rumah dan lama keamaan hal tsb bisa mendapatkan penghasil bagi diri sendiri (bisa bekerja dan belajar dirumah tanpa harus keluar rumah)

  4. Ini sih ide bagus dalam pandemi covid 19. Di rumah trs kan jenuh,lah itu pun bisa melakukan hal2 yang berkreasi yaitu membuat konten youtube. Siapa tau konten nya menarik banyak orang.dan dapat menghasilkan uang.lah itu kan yg dinamakan “iseng2 berhadiahh”.

  5. menurut saya, bersangkutan dg guru yg memberikan tugas, sebaiknya guru memberikan tugas semampu siswa nya dg arti tdk berlebihan, dan jg harus menurut jam pelajaran dr guru mapel tsb, jgn melenceng dr jam pelajaran karna jg siswa diberi tugas & deadline oleh guru lain jd jgn seenaknya memberi tugas di hari yg bukan jam guru mapel tsb, trima kasih

  6. Selama pandemi selain menjaga kesehatan juga memang diperlukan mempelajari sesuatu hal yang positif dan menciptakan suatu karya agar masa isolasi diri mempunyai kegiatan yang bermanfaat.

  7. Saya lebih menyukai konten olahraga. Dalam pandemi seperti ini, kita bisa melakukan olahraga dirumah secara rutin. Pada masa pandemi ini kegiatan dirumah sangat dibatasi. Dengan kondisi pandemi seperti ini kita bisa melakukan workout dirumah untuk menjaga kesehatan tubuh sesuai step by step yang tersedia dalam konten yg diunggah seorang youtuber

  8. Konten game karena disaat pandemi seperti ini dan kita tidak boleh keluar, memang cara yang paling asik adalah bermain game untuk menghilangkan rasa penat.

  9. Stay di rumah,kalau keluar menggunakan masker,rajin cuci tangan,jauhi keramain,keluar jika benar benar penting. Buat yang kena corona,jangan menyerah dan percaya kalau pasti sembuh,selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa percaya yakin bahwa kita di beri kesembuhan,dan semua akan berlalu dengan sendirinya

  10. saya lebih suka konten memasak karena hal itu sangat membantu dan juga menambah kreatifitas ,khususnya di masa pandemi covid-19 dimana semua kegiatan dibatasi ,dengan adanya konten memasak kita dapat membuat makanan dirumah sendiri debgan memperhatikan tahap tahap memasak dan mengetahui resep resep makanan terbaru.

News Feed