by

Pertanda Bulu Kuduk Berdiri

Banyaknya mitos yang bermunculan mengenai pertanda bulu kuduk berdiri memang masih sering terdengar hingga saat ini. Menariknya tidak sedikit juga fakta akan hal ini sehingga dikaitkan dengan masalah kesehatan atau bahkan tanda-tanda munculnya penyakit. Berikut ulasannya:

Alasan Mistis Bulu Kuduk Berdiri

Anda pasti sudah sering sekali mendengar bahwa satu-satunya pertanda kondisi merinding disebabkan lantaran kedatangan makhluk halus yang ada di sekitar. Nyatanya bulu kuduk berdiri ini dapat dijelaskan dari segi ilmiah terutama kesehatan tubuh.

Bulu kuduk yang sedang berdiri umumnya dijadikan sebagai indikasi bahwa ada makhluk halus di sektarnya. Fenomena ini memang msih belum dipastikan sehingga kebanyakan orang pun juga sering menyebutnya sebagai mitos belaka.

Merinding dalam dunia kesehatan, disebut dengan refleks pilomotor dimana keadaan ini menjadi gerakan refleks sehingga tidak bisa diatur kapan muncul dan seberapa banyak frekuensinya. Awalnya tubuh akan mendapatkan rangsangan dan diteruskan ke hormone adrenalin untuk memicu reaksi otot.

Penyebab Bulu Kuduk Berdiri dalam Dunia Kesehatan

Penyebab bulu kuduk berdiri yang dikaitkan dengan kejadian mistis memang masih dipercayai banyak orang hingga saat ini. Anda pun bisa saja juga percaya akan hal itu, padahal telah ada beberapa alasan menyebabkan keadaan merinding tersebut.

Pertama yakni perubahan suhu yang terjadi lebih tepatnya jika temperatur ruangan sedang menurun menjadi sangat dingin. Hal ini biasanya disebabkan lantaran adanya cuaca berubah ataupun hembusan angin kencang di sekitar tempat tersebut. Merinding adalah usaha tubuh untuk tetap merasa hangat.

Penyebab lainnya juga mengatakan bahwa merinding disebabkan karena Anda sedang merasa ketakutan. Seseorang yang sedang takut akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk tetap siaga sehingga tubuh menghasilkan hormone adrenalin dan membuat bulu kuduk berdiri. Kepercayaan akan pertanda bulu kuduk berdiri memang selalu dikaitkan dengan keberadaan makhluk halus di sekitar. Nyatanya fenomena ini pun memiliki banyak alasan yang logis apabila dikaitkan dalam dunia kesehatan. Anda pun perlu mengetahuinya agar berhenti merasa waspada terhadap hal mistis.

Baca Juga :  Step by Step Membuka Usaha Kuliner dengan Mudah

Baca juga : 3 Tempat Mistis di Dunia yang Menarik untuk Dikunjungi

Comment

1 comment

News Feed