by

Penyerang Novel Baswedan Hanya Dituntut 1 Tahun Penjara

-Politik-177 views

KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi sangat menyayangkan tuntunan 1 tahun penjara kepada pelaku penyerangan atau penyiraman air keras kepada Novel Baswedan. Sebelumnya, pelaku penyiraman air keras kepada Novel Baswedan sudah ditangkap yaitu Rahmat Kadir dan juga Ronny Bugis, KPK berharap kedua pelaku tersebut bisa mendapatkan hukuman yang berat terkait ulahnya.

KPK berharap agar majelis hakik bisa memberi putusan dengan seadil-adilnya dengan memberikan hukuman yang maksimal terhadap pelaku sesuai dengan kesalahan dan juga perbuatan yang sudah terbukti. Insiden penyiraman air keras ini adalah ujian bagi KPK dalam pemberantasan kasus korupsi di Indonesia.

Pihak KPK juga sangat kecewa dengan putusan hakim yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara bagi pelaku. Mengingat saat itu Novel sedang melakukan penyelidikan kasus-kasus besar saat itu. Novel juga kecewa dengan tuntutan yang diberikan tersebut. Novel juga meminta agar Hakim bisa mempertimbangkan fakta-fakta di persidangan.

Novel juga menerangkan jika penganiayaan adalah perbuatan yang berada di kategori berat dan juga rumpun tertinggi. Ia mengatakan jika perbuatan dari pelaku penyiraman air keras terhadap dirinya mengakibatkan luka yang berat. Oleh sebab itu hukuman yang seharusnya diterima juga berat, ditambah lagi korbannya sendiri adalah aparat yang sedang bertugas.

Baca juga : New Normal, Pemerintah Bidik Turis Berkantong Tebal

Novel mengaku jika tuntutan rendah adalah bagian dari rangkaian upaya penyelewengan hukum pada kasusnya. Ia juga mengaku telah melihat upaya penyelewengan perkara sejak awal penyidikan kasusnya sampai penuntutan. Ia juga khawatir jika kasusnya akan mengarah pada upaya untuk tidak membuka kasus yang lebih besar. Novel juga mengaku telah mendapatkan informasi jika para pelaku penyiraman air keras terhadapnya akan dituntun ringan, semua berjalan cuma untuk formalitas saja. Hal ini tentu saja menjadikan wibawa pemerintah hilang di mata hukum.

Baca Juga :  Demokrat Berikan Dukungan Kepada Denny Indrayana Di Pilgub KalSel 2020

Novel Baswedan tidak akan berharap banyak pada putusan hakim. Karena ia juga sudah menduga jika vonis yang diberikan hakim nanti tidak akan jauh berbeda dari tuntutan sebelumnya. Ditambah lagi kasus yang dialami tidak bisa terungkap secara menyeluruh.

Comment

News Feed