by

Pangsa Pasar Daihatsu Melejit Saat Pandemi Covid-19, Naik 18,2%

Pandemi Covid-19 telah mengubah waktu takt time atau durasi pembuatan satu unit mobil di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi lebih lambat. Saat ini ADM membutuhkan waktu lebih dari 3 menit untuk memproduksi satu unit mobil.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan, sebelum pandemi, produksi satu unit mobil di pabrik membutuhkan waktu 1,5 menit. Namun usai melakukan berbagai penyesuaian karena pandemi, sekarang takt time menjadi 3,1 menit.

Baca juga : Jutaan Pekerja AS Kehilangan Pekerjaan Selamanya

Menurut Amelia dampak protokol kesehatan, seperti Work From Home dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi penyebaran Covid-19, sangat mempengaruhi volume produksi tahunan yang kini menyusut tajam.

Menurut penjelasan Amelia, pabrik Daihatsu di dua lokasi yakni di Karawang, Jawa Barat, dan Sunter, Jakarta Utara, memiliki kapasitas tahunan 530 ribu unit. Saat ini dilaporkan kapasitas telah menurun menjadi 347 ribu unit.

Amelia juga mengatakan prediksi ADM volume produksi pada tahun ini juga bakalan di bawah kapasitas itu, yakni 283 ribu unit.

Pabrik Daihatsu diketahui memproduksi 14 model yakni Daihatsu Xenia, Terios, Sigra, Ayla, Gran Max, dan Luxio serta merek Toyota yakni yakni Avanza, Rush, Calya, Agya, Town Ace, dan Lite Ace, dan yang terbaru Mazda Bongo.

Penjualan Daihatsu

Selain dipengaruhi penyesuaian pabrik karena protokol kesehatan, produksi mobil oleh ADM juga kena dampak penurunan penjualan mobil semasa pandemi. Penjualan ritel mobil Daihatsu turun, begitu pula dengan Toyota.

Selama Januari – Agustus, mobil Daihatsu hanya terjual 65.800 ribu, itu turun 42,6 persen dibanding periode sama tahun lalu. Sementara Toyota juga mengalami hal serupa yaitu sebesar 116.200 ribu unit atau jatuh 45,7 persen.

Baca Juga :  Apakah Aman Memakai Ban Kecil untuk Motor?

Secara keseluruhan penjualan mobil baru di Indonesia pada Januari – Agustus hanya 364 ribu unit, itu jatuh 46,2 persen ketimbang tahun lalu

Comment

1 comment

News Feed