by

Mobil Terlaris Mei 2020, Avanza Melorot Urutan 10

Mobil terlaris di Indonesia selama ini, Toyota Avanza, terdepak lagi dari tahta semasa penjualan mobil di dalam negeri terganggu efek pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Mei catatan wholesales (penjualan Agen Pemegang Merek ke dealer) Avanza cuma 91 unit. Itu membuatnya terlempar jauh ke posisi sepuluh dalam daftar 10 besar mobil terlaris.

Baca juga : Ekonom Ramal Pendapatan Negara Baru Bisa Digenjot 2021

Pada April Avanza yang tercatat terjual 277 unit juga sudah terlempar dari posisi satu ke tujuh.

Mobil terlaris pada Mei adalah pikap Mitsubishi Triton dengan perolehan 279 unit. Setelah itu posisi kedua diisi oleh ‘anak baru’ Suzuki XL7 yang meluncur pada Februari lalu sebanyak 197 unit.

Innova mewakili Toyota dalam tiga besar dengan catatan penjualan 186 unit, sementara rival Avanza, Mitsubishi Xpander, duduk di posisi empat dengan angka 173 unit.

Perwakilan Suzuki lainnya, pikap Carry dan APV, berada di urutan lima dan enam dengan hasil masing-masing 140 unit dan 136 unit. Model Toyota yang lain, Rush, ada di urutan tujuh.

Posisi selanjutnya Suzuki Jimny kedelapan 112 unit dan Mitsubishi Pajero Sport kesembilan 109 unit.

Penjualan mobil di Indonesia semakin ambruk pada Mei, Gaikindo mencatat wholesales para anggotanya cuma mencapai 17.083 unit. Pencapaian itu jatuh 29,6 persen dari April dan tumbang 81 persen dibanding Mei 2019.

Respons Toyota

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi menilai penurunan penjualan wholesales bukan berarti Avanza tidak laku. Menurut dia data wholesales tidak mencerminkan suatu produk laku atau tidak di pasaran.

Anton melanjutkan secara retail Avanza masih menjadi mobil terlaris se Indonesia meski ‘dihantam’ corona. Berdasarkan data TAM, penjualan retail atau dari dealer ke konsumen Avanza jumlahnya mencapai 1.298 unit.

News Feed