by

Miroslav Klose, Striker Terbaik dalam Sejarah Piala Dunia

Banyak perdebatan tentang striker terbaik dalam sejarah Piala Dunia, namun Miroslav Klose bisa maju ke depan mengambil status itu dengan bukti yang sahih di tangannya.

Piala Dunia adalah kompetisi tertinggi bagi pemain-pemain sepak bola di muka bumi. Sejak bergulir tahun 1930, banyak striker-striker hebat yang unjuk kemampuan di kompetisi ini, mulai dari Guillermo Stabile, Just Fontaine, Gerd Muller, Paolo Rossi, hingga Ronaldo.

Baca juga : Kiat Kantong Tak Jebol Akibat Angkutan Mahal Kala New Normal

Dalam perdebatan striker terbaik di Piala Dunia, tentu perdebatan didasari oleh banyak faktor. Namun bicara soal jumlah gol, Klose jelas jadi striker terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

Klose mampu mencetak 16 gol dalam keikutsertaannya di Piala Dunia sekaligus mematahkan rekor sebelumnya atas nama Ronaldo yang dibukukan di Piala Dunia 2006.

Ketajaman Klose di Piala Dunia tak lepas dari fakta ia bermain di era timnas Jerman yang kompetitif dan tampil konsisten di empat gelaran Piala Dunia, sejak 2002 hingga 2014.

Klose bahkan punya catatan 24 penampilan di Piala Dunia, hanya kalah satu laga dari seniornya, Lothar Matthaus yang memegang rekor penampilan terbanyak.

Klose memulai debut Piala Dunia di 2002 saat Jerman baru saja melakukan pergantian regenerasi usai gagal di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Klose masuk skuat Piala Dunia setelah tampil menggigit bersama Kaiserslautern di Bundesliga.

Klose yang saat itu berusia 23 tahun berhasil mengisi posisi inti bersanding dengan Carsten Jancker. Ia terpilih dibandingkan striker lainnya yang lebih senior seperti Oliver Bierhoff dan Oliver Neuville.

Kepercayaan itu dijawab Klose dengan catatan hattrick yang membantu Jerman menang 8-0 atas Arab Saudi. Pada laga kedua, Klose kembali mencetak gol dalam laga lawan Irlandia. Sedangkan di laga ketiga, Klose membukukan gol kelima di turnamen ke gawang Kamerun.

Comment

News Feed