by

Lebih Baik Menyimpan Uang Besar atau Kecil Tapi Banyak?

Ada banyak sekali hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita namun ternyata sangat berdampak buat kehidupan keseharian kita. Salah satunya ialah menyimpan uang di dompet. Banyak dari kita yang bingung, lebih baik mana nih, menyimpan uang 100 ribu satu atau pecahan 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu dan seterusnya. Berikut ini pemaparan singkatnya.

Menyimpan Uang Pecahan Besar

Sebagian besar pengguna dompet akan lebih memilih untuk menyimpan 1 lembar uang ketimbang 5 – 10 lembar uang dengan nominal yang sama. Mereka beranggapan jika menyimpan 1 lembar uang dinilai lebih mudah ketimbang 5 – 10 lembar dengan nominal yang sama. 

Memang itu ada benarnya, dompet kamu tidak terlihat tebal sehingga tidak susah ketika menyimpannya di celana yang ketat. Selain itu, dipercaya uang 1 lembar dengan nominal yang besar lebih cenderung eman untuk dibelanjakan. Secara psikologis, kita akan berpikir 2x sebelum menggunakan uang tersebut, karena terlihat uang tersebut sangat banyak.

Tapi ternyata menyimpan uang model begini ada kekurangannya loh. Kekurang pertama ialah ketika uang kamu hilang, maka kamu tidak memiliki cadangan uang. Berbeda dengan uang pecahan yang masih bisa disimpan di berbagai tempat. Selain itu, terkadang ketika kamu hendak membelanjakannya, si penjual sering kesusahan untuk memberikan uang kembalian.

Baca Juga: Manakah yang Lebih Baik? Menikah atau Karir Terlebih Dahulu?

Menyimpan Uang Pecahan Kecil

Coba deh, kamu menyimpan uang dalam bentuk pecahan kecil meskipun jumlahnya jauh lebih banyak. Kelebihan menyimpan uang model pecahan kecil ialah ketika uang kamu hilang, kamu masih memiliki cadangan uang. Selain itu, kamu akan lebih membelanjakan hal kecil. 

Adapun kekurangan jika menggunakan konsep ini ialah kamu akan kesulitan dalam menyimpan uang. Jumlahnya sama besar namun cara ini lebih memakan tempat. Selain itu, menurut psikologis, uang pecahan kecil membuat kita lebih boros. Kita tidak sadar menghabiskan uangnya sedikit demi sedikit. Dan tentunya kamu akan kerepotan dalam menyimpan uang tersebut. 

Di atas adalah pandangan menyimpan uang dalam pecahan besar dan kecil. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Comment

News Feed