by

Apa Sih Untungnya Mempelajari Filsafat?

-Hiburan-151 views

Filsafat adalah dasar dari segala ilmu. Mungkin pengertian ini tidaklah berlebihan jika kita menelisik lebih jauh tenang ilmu filsafat. Ilmu filsafat adalah ilmu dasar yang pertama kali nenek moyang kita pahami. Walaupun filsafat bukanlah ilmu terapan, namun ada beberapa keuntungan mempelajari filsafat. Apa untungnya mempelajari filsafat? Berikut penjelasannya.

Dasar dari Segala Ilmu

Iya benar, karena ilmu filsafat adalah dasar dari segala ilmu, maka sebelum kita mempelajari ilmu ilmu lain, pasti kita akan disuruh untuk berfilsafat sejenak. Setiap orang pernah melakukan filsafat atau berpikir secara mendalam. Orang yang sering melakukan berpikir secara mendalam, maka orang tersebut bisa membuka cabang cabang ilmu baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Melatih Berpikir Logis

Ilmu filsafat dapat membantu kita untuk berpikir logis. Manusia yang mampu berpikir secara logis dengan baik, maka orang tersebut bisa dikatakan kuat dalam hal filsafatnya. Memahami setiap makna yang terjadi disekitar kita merupakan penerapan dari ilmu pikir ini. Berfilsafat dapat membantu kita untuk berpikir secara logis. Jadi sesuatu hal yang terjadi di alam semesta atau di sekitar kita, bisa kita pahami dengan cara berfilsafat.

Dapat Memahami Ilmu Ilmu Lain dengan Baik

Karena ilmu filsafat adalah dasar dari segala ilmu, maka kamu bisa dengan mudah memahami ilmu lain. Semisal seperti ilmu astronomi, psikologi, manusia, mahkluk hidup, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begini, kamu bisa lebih paham lagi ketika mempelajari ilmu lain selain filsafat.

Baca Juga: Hal yang Diperlukan untuk Sukses Selain Usaha

Menjawab Segala Hal dengan Logika

Logika menjadikan segala sesuatu menjadi ilmiah. Segala hal yang terlihat fiksi misalnya atau ghoib, jika kita memfilsafatinya, kita bisa mencari sisi logisnya. Sehingga sesuatu tersebut dapat merubah sudut pandang manusia dalam mengamati objek atau benda tersebut. Misal, setan itu adalah ghoib. Ketika kita menggunakan filsafat dan mencari sisi logikanya, mungkin nantin setan ini bisa dikaitkan dengan kejadian fisika, psikologis dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Beberapa Hal yang Akan Menghancurkan Kehidupanmu

Di atas adalah keuntungan mempelajari filsafat. Jadi jangan ragu lagi mempelajari ilmu dasar dari segala dasar ilmu ini.

Comment

1 comment

News Feed