by

Liga Inggris: Sengaja Batuk Bisa Diganjar Kartu Merah

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengeluarkan peraturan baru di tengah pandemi virus corona. Pemain bisa diganjar kartu merah jika terbukti sengaja batuk ke arah pemain lawan atau wasit di Liga Inggris.

Batuk secara sengaja dianggap sebagai pelanggaran serius dalam aturan baru ini. Oleh karena itu, hukuman untuk pemain yang melakukan hal ini bisa diberikan kartu kuning hingga kartu merah.

Baca juga : Surabaya Mau Buka SMP Kembali Saat Covid Masih Mewabah

Regulasi baru ini akan berlaku untuk semua level kompetisi yang bernaung di bawah FA. Mulai dari level Premier League hingga Football League.

Dalam regulasi FA itu disebutkan, wasit harus mengambil tindakan saat seorang pemain dengan sengaja dan dari jarak dekat batuk ke arah wajah pemain lawan atau ofisial pertandingan. Hal itu sesuai Pasal 12 dokumen FA yang termasuk menggunakan bahasa dan/atau gerak tubuh yang ofensif, menghina atau kasar.

“Jika insiden itu tidak cukup parah untuk dikartu merah, peringatan [kartu kuning] bisa dikeluarkan wasit untuk perilaku tidak sportif, yang menunjukkan kurangnya respek terhadap permainan,” pernyataan FA.

Regulasi ini jadi yang terbaru diterapkan oleh FA. Sebelumnya FA sudah lebih dulu melakukan penyesuaian aturan pergantian pemain mengikuti Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) di musim ini.

Pergantian pemain yang semula hanya bisa dilakukan tiga kali ditambah menjadi lima kali. Namun, pergantian lima pemain ini hanya bisa dilakukan dalam tiga kesempatan.

Regulasi baru ini sudah dijalankan oleh operator kompetisi di Inggris saat liga kembali berjalan di tengah pandemi covid-19. Namun, belum diketahui apakah Premier League maupun English Football League (EFL) akan kembali menerapkan aturan lima pergantian pemain musim depan.

Comment

1 comment

News Feed