by

Lagi-Lagi Jawa dan Sunda Perang Permasalahkan Gedang

-Hiburan-733 views

Berawal dari akun menfess @jawafess dan @Bandungfess yang membuat heboh karena mempermasalahkan arti-arti bahasa Jawa dan bahasa Sunda yang berbeda. Hal ini membuat semua warga twitter menjadi ramai. Tetapi perang ini dibuat sekadar untuk menghibur.

Akun menfess @jawafess menuliskan “jawafess vs bandungfess lur” disertai dengan gambar mempermasalahkan arti urang. Yang mana dalam bahasa Jawa urang artinya udang, sementara bahasa Sunda urang diartikan sebagai kata sapaan yaitu “aku”.

Tak mau kalah, ada yang mengirimkan menfess di akun @Bandungfess karena mempermasalahkan tentang arti atos yang mana dalam bahasa Sunda artinya sudah, sementara dalam bahasa Jawa artinya keras.

Fiersa Besari seorang musisi dan penulis buku pun ikut meramaikan soal perbedaan arti ini yang menurutnya perbedaan bahasa itu indah.

“Suatu hari, ada orang Sunda ngobrol sama orang Jawa. Orang Sunda bilang, “Cokot batu.” Orang Jawa bilang, “Atos”
.
Tamat”, Tulisnya.

Karena semakin ramai, ada lagi yang dipermasalakan yaitu tentang arti gedang. Dalam bahasa Jawa gedang berarti buah pisang, sementara dalam bahasa Sunda gedang artinya buah pepaya.

Baca juga: 4 Kelebihan Pembayaran Digital yang Tidak Dimiliki Oleh Pembayaran lain

Lalu perbedaan arti lagi pada kata sampean, yang mana dalam bahasa Sunda artinya kaki, namun dalam bahasa Jawa berarti kata sapaan yaitu kamu.

Memang tingkah warganet selalu menghibur. Dimana banyak sekali yang berkomentar tentang perbedaan arti antara bahasa Jawa dan bahasa Sunda. 

Pada akun @Dhotachin “aku pernah ngomong alergi kumat mergo mangan urang, koncoku sng Sunda kaget wkwk” tulisnya. Itu artinya “aku pernah ngomong alergi kumat karena makan (udang), temenku yang sunda kaget wkwkwk”.

Akun @ilybilgg “Sunda = kasep = tampan
Jawa = kasep = kadung/terlanjur” tulisnya.

Baca Juga :  Iqbaal Buka-Bukaan Soal Hubungan Asmaranya

Akun @undersscoress__ malah menggabungkan perbedaan arti bahasa anatara Jawa dan Sunda menjadi rumah adat.

“Jawa sunda collab= rumah adat minangkabau” Tulisnya.

Karena indahnya perbedaan bahasa, akun menfess @Jawafess mengakhiri perang ini dengan menuliskan “Supaya tidak ribut. Bubat online ini akan aku damaikan lur.” Disertai dengan gambar.

Comment

News Feed