by

KPPU Selidiki Lonjakan Harga Ayam di Medan

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah menelusuri penyebab lonjakan harga ayam potong di Medan, Sumatera Utara.

Saat ini, harga ayam potong di pasar tradisional Kota Medan menyentuh Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg). Kenaikan harga itu sudah terjadi sejak lebaran lantaran terbatasnya pasokan.

“Memang harga ayam sudah mulai ada peningkatan yang signifikan mulai dari Rp30 ribu sampai informasi yang terakhir saya peroleh sudah di angka Rp42 ribu,” kata Kepala Kanwil I KPPU Ramli Simanjuntak, Senin (8/6).

Ramli mengatakan KPPU tengah mengumpulkan sejumlah data untuk mendalami apakah memang ada permainan di balik kenaikan harga itu.

Baca juga : Werner Tolak Man City Sebelum Diklaim Sepakat dengan Chelsea

“Kami monitor terus dan ini kami siapkan permintaan datanya kepada mereka, karena kemarin saya fokusnya ayam DOC (day old chicken atau ayam dengan umur 1 hari dan paling lama 14 hari),” jelasnya.

Sementara, lanjut Ramli, harga ayam DOC juga sempat melonjak dari biasanya Rp8.000 saat ini dijual Rp10.000 per ekor dari peternak.

“Jadi informasi yang kita terima terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan sampai Rp10.000 dari peternak. Ternyata setelah lebaran, harga ayam potong juga melonjak tajam, makanya kita dalami ini,” ujarnya.

Ramli mengingatkan para pelaku usaha di bidang sektor ayam terutama perusahaan integrator agar tidak melakukan praktik persaingan usaha yang tidak sehat.

“Kami ingatkan para pelaku usaha terutama yang integrator atau pabrikan pakan sampai ke ayamnya dia menguasai jangan sampai melakukan persaingan usaha yang tidak sehat baik itu melakukan kartel-kah atau melakukan kesepakatan untuk menekan harga. Kami pasti mencari kenapa harganya mahal,” ungkapnya.

Seorang pedagang ayam di Pajak UK, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Wawan mengaku saat ramadan menjual ayam potong dengan harga Rp20 ribu – Rp22 ribu. Namun, saat ini ia menjual ayam potong Rp42 ribu per kilogram (Kg).

Comment

News Feed