by

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air, Apa Penyebabnya ?

Saat mesin mobil bensin menyala terkadang kerap mengeluarkan asap putih dari lubang pembuangan gas buang alias knalpot. Kondisi ini tentu dipertanyakan, apakah itu merupakan tanda bila mobil bermasalah atau tidak.

Baca juga : Siswa Wajib Tahu! Ujian Nasional Ganti dengan Asesmen Nasional, Ini Perbedaannya

Auto2000 menjelaskan ada beberapa faktor mengapa hal tersebut bisa terjadi. Berikut ulasannya.

Oli Bocor

Jika knalpot mengeluarkan asap putih tentu kita harus berwaspada sebab ada kemungkinan oli mesin sudah bocor lalu masuk ke ruang pembakaran. Gangguan itu bikin pembakaran tidak sempurna kemudian menimbulkan asap putih keluar dari lubang knalpot.

Jangan membiarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering pelumas bocor, maka volumenya pasti susut bahkan habis. Jika begitu mobil bisa saja mengalami mogok hingga harus turun mesin.

Sejumlah penyebab oli bocor ke ruang bakar di antaranya kerusakan pada gasket, klep, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder. Hal ini juga yang membuat mesin menjadi susah dihidupkan saat pagi hari ketika mau dipanaskan.

Cairan Pendingin Mesin Bocor

Cairan pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem knalpot juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran cairan pendingin bisa dipicu retakan pada dinding silinder. Efek hal itu membuat suhu mesin kerap naik karena pendinginan terus berkurang.

Sisa Air pada Knalpot

Air bisa tertinggal di dalam pipa knalpot misalnya usai diguyur hujan, melewati banjir, atau habis dicuci. Saat mesin menyala air yang terperangkap bakal menguap lalu mengeluarkan seperti asap putih melalui knalpot.

Masalah ini biasanya hanya berlangsung sebentar, jika penguapan selesai maka asap putih akan hilang dengan sendirinya. Namun jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan cepat keropos dan berlubang.

Comment

1 comment

News Feed