by

Kenali Jenis Diet Populer dan Efektif yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Jenis diet semakin hari kian bervariasi mengikuti tren. Ada yang mengklaim berdasarkan teori nutrisi, medis, penghitungan kalori, pendekatan filosofis, dan sebagainya.

Ini jadi membingungkan ketika harus memilih dan mencoba konsisten dengan diet yang dijalankan. Apalagi setiap orang punya kondisi kesehatan serta kebutuhan dan tujuan yang berbeda.

Baca juga : Merasa Tak Dilibatkan Pemprov, Ketua DPRD DKI Usul Perda PSBB Inisiatif Dewan

Diet merupakan cara untuk membuat tubuh lebih sehat dengan mengatur pola makanan. Paling sering, tujuan orang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Padahal ada manfaat lainnya jika menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Seperti mencegah berbagai penyakit kronis, antara lain penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, hingga kanker.

Jenis Diet yang Dianjurkan

Pilihan makanan Anda sekarang tentu akan berdampak besar pada kondisi hari ini, esok, dan jangka panjang.

1. Diet Mediterania

Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan U.S. News, para pakar kesehatan menilai diet mediteranian atau mediterranean diet menduduki peringkat pertama jenis diet terbaik.

Pertimbangannya karena diet mediterania efektif menurunkan dan menjaga kestabilan berat badan, mudah diikuti, tentunya menyehatkan.

2. Diet Vegan

Diet vegan berfokus pada pengurangan konsumsi produk makanan dan minuman yang berasal dari hewani. Singkatnya, pola makan vegan berarti tidak mengonsumsi daging (termasuk unggas dan ikan), telur dan produk susu.

Diet ini berbeda dengan jenis diet vegetarian yang masih bisa mengonsumsi produk yang berasal dari hewan seperti susu dan telur.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat cukup populer untuk membantu menurunkan berat badan.

Diet untuk kurus ini sering diartikan sebagai diet yang memangkas seluruh asupan karbohidrat bagi tubuh, contohnya berhenti konsumsi nasi, roti, pasta, mi instan, roti dan kue, serta minuman manis.

Baca Juga :  Bagaimana sih Cara Menjaga Semangat Menulis?

4. Paleo Diet

Paleo Diet atau diet manusia gua ini mengikuti konsep pola makan alami yang dilakukan nenek moyang saat masa berburu dan meramu.

Dengan mengonsumsi makanan utuh dan alami, akan memberikan manfaat bagi kesehatan termasuk menurunkan berat badan.

5. Diet Keto

Mengurangi karbohidrat, tapi banyak mengkonsumsi lemak dan protein adalah syarat menjalani diet keto atau ketogenik.

Tujuan diet keto agar kondisi tubuh seseorang yang menjalankannya berada pada fase ketosis–tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama.

Comment

1 comment

News Feed