by

Kelebihan Uang Kertas Dibanding dengan Uang Logam

Uang menjadi alat pembayaran yang sah, apalagi semenjak kemunculan uang kertas yang berhasil menggeser uang logam. Dulu orang masih menggunakan logam dalam bertransaksi, namun karena uang logam memiliki banyak sekali kekurangan, maka digantilah dengan uang kertas yang disahkan oleh hukum. Berikut ini adalah kelebihan uang kertas yang menggantikan uang logam.

Bisa Digunakan untuk Transaksi Besar

Uang kertas memiliki nominal yang jauh lebih besar ketimbang uang logam. Hal inilah yang memungkinkan uang kertas bisa digunakan untuk bertransaksi dalam jumlah yang besar. Jika kamu ingin bertransaksi barang seharga 100 ribu, maka kamu cukup mengeluarkan 1 lembar uang kertas dengan nominal 100 ribu. Berbeda dengan uang logam yang jika ditotal bisa 1 plastik.

Mudah Disimpan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh uang kertas ialah mudah disimpan. Kamu tidak perlu membutuhkan tempat yang besar untuk menyimpan uangmu. Karena dengan uang kertas, kamu bisa menyimpannya dengan jumlah yang besar namun tempat penyimpanan yang minim. Contoh diantaranya ialah dompet, celengan dan lain sebagainya. Selain itu, uang kertas lebih aman dan tidak rawan hilang bila dibandingkan dengan uang logam. 

Mudah Dibawa

Berbeda dengan uang logam yang harus membutuhkan kantong untuk membawanya, dengan uang kertas kamu cukup menggunakan dompet. Inilah keunggulan dari uang kertas yang tidak dimiliki oleh uang logam. Kemudahan saat dibawa kemana saja membuat uang kertas menjadi andalan dalam alat bayar bayar. Bahkan kamu bisa melipatnya, sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpan dan membawanya.

Biaya Produksinya Lebih Rendah

Kenapa bank menciptakan uang kertas? Jawabannya adalah karena uang kertas memiliki biaya produksi yang jauh lebih rendah ketimbang uang logam. Biaya yang rendah ini memungkinkan bank untuk menghemat pengeluarannya dalam mencetak uang. Sebagai intermezzo saja, biaya produksi uang logam bernilai 500 rupiah itu lebih dari 500 rupiah loh. 

Di atas adalah kelebihan uang kertas yang menggeser kedudukan uang logam. Kelebihan inilah yang menjadikan alasan kenapa sekarang kita menggunakan uang kertas sebagai alat untuk bertransaksi.

Comment

News Feed