by

5 Kelebihan Energi Nuklir yang Dapat Mengubah Hidup Manusia

Apa yang ada di benak kamu apabila mendengar kata nuklir? Mungkin kalian akan berpikir bahwasannya nuklir adalah sebuah bom. Tapi pada kenyataanya, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan dari sebuah atom ini. Kelebihan kelebihan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja sih kelebihan energi nuklir? Simak penjelasan berikut ini.

Pembangkit Listrik

Kelebihan pertama yang sudah menjadi pengetahuan umum ialah pembangkit listrik. Ada banyak sekali metode pembangkitan listrik yang umum kita ketahui, diantaranya ialah PLTU dari batubara, PLTB, PLTA, PLTS dan teknologi yang terbaru ialah PLTN. Tenaga yang dihasilkan dari 1 gram uranium (bahan bakar nuklir) setara dengan 2.5 juta ton batu bara. Jadi PLTN jauh lebih efisien ketimbang pembangkit konvensional.

Kesehatan

Manfaat selanjutnya dari energi nuklir adalah di bidang kesehatan. Pemanfaat radiasi yang digunakan untuk memetakan penyakit dalam pada tubuh manusia. Selain itu, ada juga nuklir yang digunakan untuk penyembuhan dan terapi. Jadi manusia sudah tidak lagi repot repot harus membedah tubuh manusia untuk menghilangkan sel kanker.

Pangan

Di bidang pangan, nuklir membawa banyak sekali manfaat. Diantaranya ialah untuk mengawetkan makanan, pemuliaan tanaman, pembasmi hama yang ramah lingkungan dan lain sebagainya. Salah satu yang paling banyak digunakan ialah untuk menghasilkan bibit tanaman yang berkualitas (pemuliaan tanaman). Jadi kita bisa mendapatkan bibit yang super unggul (lebih cepat panen, hasil panen yang berlimpah, tanaman lebih anti hama, dan lain sebagainya)

Baca Juga: 5 Keuntungan Budaya Kerja di Era New Normal

Industri

Nuklir mengambil peran di bidang industri seperti pengecekan material tanpa merusaknya, merekayasa material, dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak industri yang telah menggunakan energi nuklir dan radiasi untuk keperluan mereka.

Hidrologi

Pemetaan sungai bawah tanah, pencarian sumber air, dan lain lain adalah salah satu manfaat nuklir. Manusia akan lebih mencari sumber air yang tersimpan di bawah tanah dengan teknologi nuklir. Yaitu dengan menggunakan radiasi dant perunut.

Di atas adalah kelebihan energi nuklir yang dapat mengubah kehidupan manusia. Walaupun nuklir memiliki latar belakang yang kelam (sebagai bom), tapi ternyata masih banyak juga manfaat yang ditawarkan dari energi nuklir.

Comment

News Feed