by

Kekurangan Usaha Kelompok yang Harus Kamu Perhatikan Betul

Jika kita melihat perusahaan besar seperti Facebook dan Google, mereka didirikan secara berkelompok. Tapi tahukah kamu jika membangun usaha kelompok itu ada kekurangannya. Kekurangan ini menjadi tantangan buat kamu untuk terus maju. Hal itu sudah dibuktikan dengan contoh kecil dari 2 perusahaan raksasa di dunia tersebut. Berikut ini adalah kekurangan usaha kelompok yang harus kamu perhatikan.

Menggantungkan Usaha ke Orang Lain

Ketika kita membangun usaha secara berkelompok, ada juga orang yang hanya asyik menggantungkan tugasnya kepada orang lain. Tentu saja ini menimbulkan kecemburuan dan ketidakadilan di internal. Ini menjadi tantangan buat kamu untuk mengatur bagaimana tugas dari masing masing anggota.

Pembagian Keuntungan Lebih Kecil

Ya, namanya saja usaha kelompok, maka kamu harus berbagi saham dengan mereka yang ikut membangun usaha bersamamu. Misal, keuntungan bersih yang didapatkan ialah 10 juta, dan usahamu memiliki anggota sebanyak 5 orang, tentu keuntungan yang kamu terima hanya 2 juta saja. Itu semua tergantung dari persetujuan dan saham yang telah disepakati di awal. 

Memungkinkan Terjadinya Perselisihan

Tantangan buat kamu yang ingin membuat usaha secara berkelompok ialah kamu akan sering menemukan perbedaan sudut pandang diantara anggota. Kamu akan sering berselisih mengenai langkah yang harus diambil oleh usahamu. Entah itu berselisih mengenai bagi hasil, modal, produksi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Saja Sih yang Membuat Seseorang Bodoh?

Harus Mengkoordinasikan untuk Berdiskusi Bersama

Susahnya membnagun usaha secara berkelompok ialah ussha untuk berkoordinasi satu sama lain. Semisal, kamu ingin mengadakan rapat internal, kamu harus bisa mengumpulkan semua anggota untuk membicarakan masalah bersama. Nah, untuk menentukan waktu yang tepat inilah yang menjadi tantangan tersendiri buat seluruh anggotamu.

Menyatukan Visi agar Bisa Berjalan Bersama

Terkadang ada perbedaan viis diantara anggota. Ada yang memiliki visi untuk menjadi startup yang berkembang, ada juga yang memiliki visi merajai pasar lokal. Perbedaan visi inilah yang harus bisa disatukan agar seluruh anggota dalam satu frekuensi sehingga usaha bisa berjalan dengan kompak.

Di atas adalah kekurangan usaha kelompok. Memang begitu banyak kekurangan jika kamu membangun usaha secara berkelompok. Ini menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang ingin membangun usaha secara bersama sama.

Comment

1 comment

News Feed