by

Kekurangan Uang Kertas yang Wajib Kamu Ketahui

Di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai kelebihan uang kertas. Ternyata uang kertas memiliki kekurangan loh. Kekurangan uang kertas cukup banyak jika dibandingkan dengan kelebihannya. Bahkan bisa dibilang kekurangan inilah yang membuat kita tidak nyaman dalam bertransaksi dengan menggunakan uang kertas.

Mudah Rusak

Karena uang kertas sering dipegang oleh banyak orang dan wujudnya yang mudah kusut sehingga uang kertas dinilah mudah rusak. Uang kertas yang sudah rusak dan kusut, lama kelamaan uang tersebut tidak laku di pasaran. Sehingga kamu merasa sebagai pengguna uang kusut tersebut, harus segera ditukarkan di bank terdekat untuk menggantinya dengan uang kertas yang baru.

Rawan untuk Dipalsukan

Ya benar, berbeda dengan uang logam, uang kertas lebih mudah untuk dipalsukan. Jangankan spesialis pemalsuan uang, uang mainan yang biasa kita temui di pedagangan mainan saja banyak yang mirip seperti uang asli. Bahkan banyak orang diluar sana yang tertipu dengan uang kertas mainan.

Sering Kotor

Uang kertas adalah uang yang terbilang kotor. Hal ini dikarenakan uang ini sering berpindah tangan dari satu orang ke orang lain. Selain itu, uang yang terbuat dari kertas tentunya bisa menyerap kotoran dengan mudah dan tidak bisa dicuci. Inilah yang menyebabkan kenapa uang kertas menjadi kusut dan kotor. 

Mudah Terbakar

Karena terbuat dari kertas, maka tak heran jika uang kertas sangat mudah sekali untuk terbakar. Bahkan jika kita kenakan dengan api kecil, uang tersebut akan terbakar dengan sendirinya. Uang yang sudah terbakar tidak akan laku di pasaran sehingga perlu ditukarkan di bank untuk mendapatkan gantinya yang baru.

Kurang Cocok untuk Transaksi Pecahan Kecil

Kenapa bisa begitu? Karena uang kertas memiliki nominal yang besar, bahkan minimal nominalnya ialah seribu rupiah. Jika kamu hendak bertransaksi dengan nominal kecil, seperti 100, 200, dan 500 tentunya akan sedikit kesulitan. Maka dari itu, diciptakanlah uang logam.

Di atas adalah kekurangan uang kertas. Dengan mengetahui kekurangannya, diharapkan kamu bisa meminimalisir kekurangan kekurangan tersebut. 

Comment

News Feed