by

Jet Tempur China Terobos Wilayah Taiwan, Taiwan Langsung Gerak

Sejumlah jet tempur jenis Su-30 dan J-10 milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dilaporkan mendekati wilayah barat daya Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan jet-jet itu terlihat pada Rabu (9/9) pagi waktu setempat, dan sempat memasuki zona identifikasi pertahanan udara barat daya (ADIZ) Taiwan sebelum kemudian dikejar oleh pesawat tempur mereka.

Baca juga : Menengok 11 Fitur Baru di Android 11 yang Diluncurkan Google Hari Ini

Kemhan mengatakan kehadiran pesawat tersebut bersamaan dengan dimulainya serangkaian uji coba rudal Taiwan. Mereka mengecam manuver China tersebut.

Menurut informasi dari surat kabar di Taipei, Liberty Times yang mengutip seorang pengamat pesawat, jet PLA itu diketahui mendekati wilayah barat daya setidaknya sebanyak 24 kali antara pukul 07.07 dan 09.30 waktu setempat.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa jet PLA telah memasuki ADIZ pada ketinggian mulai dari 1.500 meter hingga 9.000 meter.

Sejumlah tes rudal memang tengah dilakukan di Taiwan antara pukul 5 pagi dan 7 pagi pada Rabu oleh Institut Sains dan Teknologi Chung-shan Nasional yang didanai negara.

Institut Sains dan Teknologi Chung-shan Nasional menolak berkomentar atau memberikan rincian lebih lanjut tentang uji coba rudal tersebut.

Laporan media Taiwan berspekulasi bahwa pesawat tempur PLA berusaha mengumpulkan informasi intelijen pada tes senjata, tetapi pakar pertahanan Chieh Chung percaya itu lebih merupakan unjuk kekuatan.

Comment

1 comment

News Feed