by

Jenis Tanaman Hias Air yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Hampir semua tanaman hias air bisa tumbuh tanpa tanah. Hanya dengan media pot bahkan gelas yang diisi air, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Hal ini didukung oleh morfologi atau bentuk sang tanaman, terkhusus pada bagian akar.

Baca juga : Dampak Pandemi, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Anjlok 88 Persen pada Juni 2020

Tanaman Hias Air di Akuarium (Aquascape)

Tanaman hias air tidak hanya mempercantik ruangan karena kesan estetiknya, tapi juga punya manfaat lain. Tanaman air ibaratnya seperti filter untuk memurnikan air tempat ia tumbuh dan berkembang.

1. Amazon Sword

Jenis tanaman aquascape lapisan background plants ini berbentuk satu batang kemudian menjulur ke atas ada daun. Satu varietas, Echinodorus bleheri memiliki daun lebar. Varietas lain, Echinodorus amazonicus memiliki daun lebih sempit.

2. Jungle Vallisneria

Anggota tanaman tapegrass ini tingginya bisa menjulang hingga luar akuarium dan memberikan perlindungan yang cocok bagi ikan yang pemalu. Jungle Vals bisa tumbuh hingga ratusan sentimeter. Karena ukurannya yang tergolong besar, Jungle Vals masuk dalam kategori background plants.

3. Pakis Lidah

Pakis Lidah tumbuh dari batang yang disebut rimpang. Tanaman air hias aquarium ini dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar.

Pakis Lidah tumbuh sangat baik di bawah terik matahari. Tanaman hias air di kolam ini dapat tumbuh dengan baik walaupun tanpa penambahan karbon dioksida (CO2) ekstra atau pupuk tambahan. Pakis Lidah termasuk dalam kategori midground plants.

4. Staurogyne Repens

Staurogyne Repens merupakan tanaman yang berasal dari famili Acanthaceae. Tanaman ini disebut-sebut pertama kali ditemukan di sungai Cristalino di Amerika Selatan. Cara merawat Staurogyne Repens pun cukup mudah dan salah satu jenis tanaman yang tahan banting.

Comment

1 comment

News Feed