by

Jangan Sembarangan! Ini Tips Aman Parkir Mobil Saat WFH

-Otomotif-237 views

Adanya pandemi Covid-19 membuat semua aktivitas menjadi terhenti. Semua pekerjaan dan pembelajaran dilakukan secara online dari rumah. Tentu saja bagi kita yang sudah terbiasa pergi ke kantor naik mobil pribadi, sekarang harus membuat mobil tersebut menjadi menganggur dan hanya terparkir di garasi saja. Namun jangan asal sembarangan parkir mobil di rumah saat WFH, berikut adalah tips aman parkir mobil di rumah ketika Work From Home.

Tips Aman Parkir Mobil Saat WFH

Perhatikan Transmisi Mobil

Bagi anda yang memiliki mobil matik, sebaiknya anda perhatikan dulu posisi transmisi mobil. Pastikan jika transmisi mobil berada pada posisi P. Hal ini agar mobil bergerak sendiri ketika berhenti tanpa menggunakan rem.

Tambah Tekanan Angin Ban

Tips berikutnya, pastikan anda menambah tekanan angin pada ban sampai 3,5 bar. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian tertentu di ban karena tekanan yang tak merata.

Panaskan Mobil Dan AC Secukupnya

Sebaiknya anda panaskan mesin mobil pada ruang terbuka paling tidak dua kali dalam satu minggu. Dalam setiap pemanasan mobil ini lebih baik dilakukan selama 20 menit sambil kita menginjak pedal gas supaya putaran mesin minimal 2000 rpm. Jangan lupa juga untuk menyalakan ac kendaraan supaya terjadi sirkulasi oli di sistem AC.

Baca juga : Awas! Jangan Lakukan Ini Saat Bersepeda Di Tengah Wabah Corona

Gunakan Rem Tangan

Berikutnya agar mobil tidak bergerak sendiri, pastikan kita tetap mengaktifkan rem tangan ketika mobil diparkirkan. Sebaiknya anda parkirkan juga mobil pada permukaan yang rata.

Parkir Mobil Pada Tempat Beratap

Selain memarkirkan mobil di permukaan jalan yang rata, pastikan juga jika anda memarkirkan mobil di tempat yang beratap agar mobil selalu terlindungi dari cuaca yang ekstrem, kotoran hama liar dan juga gangguan lainnya yang bisa merusak eksterior mobil.

Jangan Lupa Angkat Wiper

Salah satu bagian mobil yang harus tetap terjaga kondisinya ialah karet pada wiper. Jika mobil terparkir di area yang terbuka, maka sebaiknya posisi karet wiper selalu diangkat. Hal ini bertujuan untuk menghindari debu yang bisa merusak karet wiper tersebut. Begitu juga jika terjadi suhu yang panas, maka karet wiber yang menempel pada kaca bisa membuatnya menjadi cepat rusak. Untuk itu sebaiknya selalu angkat wiper.

Comment

1 comment

News Feed