by

Ini Dia Minuman Terbaik & Terburuk untuk Turunkan Berat Badan

Ketika ingin menurunkan berat badan, jangan cuma perhatikan kalori makanan. Tak hanya makanan, asupan minuman juga berperan penting dalam menurunkan berat badan.

Minuman yang baik untuk menurunkan berat badan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih maksimal. Air juga meningkatkan metabolisme sehingga membantu membakar lemak lebih baik sehingga penurunan berat badan bisa dicapai.

baca juga : Kian “Pedas”, Harga Pangan Meroket Naik, Cabai Tembus Rp44.500 per Kg

Sedangkan minuman yang buruk untuk menurunkan berat badan umumnya mengandung gula tambahan sehingga dapat meningkatkan asupan kalori. Asupan kalori justru menambah berat badan Anda, bukan malah menurunkannya.

1. Air putih

Air putih sangat dibutuhkan untuk hidrasi tubuh. Asupan air putih cukup setiap hari dapat menjaga berat badan. Minum air putih saat bangun tidur untuk membantu detoksifikasi atau membuang racun.

Lalu, minum pula air putih sebelum makan. Cara ini membantu Anda merasa lebih cepat kenyang dan juga mempercepat metabolisme tubuh.

Ganti minuman manis dengan air putih untuk mengurangi jumlah asupan kalori.

2. Susu skim atau susu kedelai

Susu skim dan susu kedelai merupakan susu rendah kalori yang tinggi nutrisi. Susu ini merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Susu skim dan susu kedelai juga kaya akan protein yang juga punya peran penting untuk menurunkan berat badan.

3. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang bebas kalori. Dikutip dari Web MD, penelitian menunjukkan teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Mikronutrien serta sedikit kafein dalam teh hijau dianggap berperan melangsingkan tubuh.

4. Jus sayur

Sayuran yang dijus juga baik untuk diminum. Sayuran mengandung sedikit kalori tapi kaya akan serat sehingga mampu mengendalikan rasa lapar.

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam sayuran dapat membantu mencerna makanan dan lebih baik.

5. Kopi hitam

Kopi hitam merupakan minuman yang bebas kalori dan juga kaya antioksidan sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Konsumsi kopi dapat mengalihkan Anda dari sejumlah camilan. Kafein dalam kopi juga membantu tubuh untuk berkonsentrasi.

Selain minuman yang baik untuk menurunkan berat badan, hindari konsumsi makanan yang menghambat penurunan berat badan.

Berikut makanan yang buruk untuk menurunkan berat badan.

1. Kopi campuran

Kopi yang sudah dicampur dengan sejumlah rasa seperti matcha, vanilla, dan susu serta gula mengandung banyak kalori. Belum lagi sejumlah topping seperti krim juga mengandung banyak kalori yang dapat menambah berat badan.

2. Soda

Soda merupakan minuman yang mengandung banyak kalori. Artinya, semakin banyak kalori yang dikonsumsi, semakin besar pula penambahan berat badan yang bakal didapatkan.

3. Mocktail

Mocktail berarti minuman tanpa alkohol. Namun, tak mengandung alkohol bukan berarti tak mengandung kalori. Minuman ini buruk untuk berat badan karena tinggi gula dan kalori tergantung jus, buah, dan sirup yang digunakan.

4. Bir dan wine

Minuman beralkohol seperti bir dan wine juga memiliki banyak kalori. Semakin banyak Anda minum alkohol, semakin banyak pula kalori yang didapat.

5. Minuman berenergi

Minuman berenergi merupakan minuman yang bertujuan untuk menambah energi seseorang. Minuman ini juga mengandung gula dan kalori yang tinggi.

Untuk menghindari kalori dalam minuman, periksa label minuman untuk dapat mengestimasi kalori harian yang diperlukan. Jangan mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan yang dibakar karena dapat menggagalkan penurunan berat badan.

Comment

1 comment

News Feed