by

Ini 5 Cara Alami Untuk Menjernihkan Mata Yang Bisa Kamu Coba

Mata yang jernih dan berbinar merupakan ciri mata yang sehat. Terdapat sejumlah cara sederhana agar mata jernih berbinar.

Mata yang jernih dan berbinar ditandai dengan bagian mata yang putih bersih atau sklera dan memancarkan kilau seolah bersemangat dan gembira. Mata yang cerah juga lebih memikat.

Baca juga : Militer AS dalam Waktu Dekat Akan Rilis Rudal Jelajah Nuklir Baru

Mata yang cerah bercahaya bisa didapat dengan menjaga kesehatan mata. Mata yang merah, kering, gatal, dan iritasi sering kali tidak jernih dan berbinar. Begitu pula dengan kulit di sekitar mata seperti lingkaran hitam yang dapat membuat mata tampak lelah, lebih kecil, dan tidak sehat.

Berikut cara agar mata jernih berbinar.

1. Menggunakan masker kantong teh celup

Jangan buang kantong teh celup Anda. Gunakan kantong teh celup sebagai masker mata untuk menenangkan area mata. Kantong teh dapat membantu mengurangi pembengkakan. Studi menunjukkan, polifenol pada teh memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea.

Caranya, rendam kantong teh dalam air atau setelah diseduh, lalu dinginkan atau masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Letakkan kantong teh dingin di mata yang tertutup selama 10 menit.

2. Menggunakan masker timun

Buah timun mengandung antioksidan dan anti peradangan yang kuat, serta vitamin C yang dapat membantu menenangkan mata yang lelah. Timun juga dapat menyegarkan mata.

Potong buah timun dan letakkan di area mata yang tertutup. Biarkan selama 10-15 menit.

3. Kompres mata

Mengompres mata dengan handuk dingin juga dapat membantu membuat mata jernih dan berbinar. Kompres dingin dapat membantu menenangkan mata yang lelah dan menjaga mata dari iritasi.

Kompres mata dengan handuk yang sudah direndam di air dingin selama 10-15 menit.

4. Hindari udara kering

Untuk mendapatkan dan menjaga mata jernih dan berbinar, hindari berada dalam udara yang kering dalam waktu yang lama. Udara yang kering seperti di dataran tinggi, gurun, dan pesawat terbang dapat membuat mata kering sehingga tampak lebih merah dan mudah mengalami iritasi.

Hindari pula udara yang terlalu berangin, berasap, juga pengering rambut karena dapat mengurangi kelembapan mata.

5. Makanan kaya asam lemak omega-3

Studi menunjukkan, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 efektif mengurangi gejala mata kering.

Makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan omega-6 diantaranya adalah salmon, sarden, dan kacang kenari.

Selain itu, kurangi makanan yang mengandung banyak garam. Pasalnya, garam dapat mengurangi air di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan mata kering dan juga inflamasi.

Untuk mendapatkan mata yang jernih dan berbinar pastikan pula Anda tidur dengan cukup untuk mencegah mata tampak lelah.

News Feed