by

Honda Bakal Stop Pasok Mesin untuk Formula 1 Tahun Depan

Honda mengumumkan mengakhiri keikutsertaannya dalam Kejuaraan Dunia FIA Formula One (F1) World Championship pada akhir musim 2021.

Keputusan ini diambil karena Honda akan fokus pada pengembangan mesin ramah lingkungan dalam upaya mengurangi polusi karbon.

Baca juga : Sakit Hati Pekerja Lihat Pengesahan Omnibus Law Dikebut DPR

Honda memulai kontribusinya untuk F1 sejak 1964, sebagai tim balap, constructor, dan penyuplai mesin. Namun perusahaan asal Jepang ini berulang kali pergi dan kembali.

Honda terakhir kembali sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim pada 2015. Pada musim 2020, Honda memasok mesin RA620H, 1.600 cc, V6 hybrid untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih tiga kemenangan pada musim lalu serta dua kemenangan sejauh ini pada musim 2020.

Honda disebut telah membuat keputusan mengenai realisasi pengimbangan karbon pada 2050. Dikatakan untuk mencapai tujuan ini sumber daya perusahaan akan difokuskan dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV).

Saat ini, Honda membuat keputusan untuk mempercepat inisiatif tersebut dengan target mewujudkan dua per tiga dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada 2030 yang terdiri dari mobil listrik.

Disebutkan juga pada April, Honda telah membuat penelitian yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy untuk merealisasikan rencananya itu.

Baca Juga :  Mengenang F1Z Putih, Bebek 2 Tak Yamaha yang Kini Langka

Comment

1 comment

News Feed