by

Apa Yang Membuat Hidup Jadi Boros? Simak Penjelasannya

Memiliki gaya hidup hemat memang menjadi tantangan semua orang. Pada dasarnya, manusia diciptakan dengan memiliki sifat tamak atau boros. Jadi tak khayal jika sifat tersebut amat melekat di kehidupan. Bahkan ada banyak hal yang ternyata tanpa kita sadari telah memperburuk cashflow kita loh. Apa yang membuat hidup jadi boros? Simak artikel berikut ini.

Hidup Boros

Nongkrong di Kafe

Tanpa kita sadari, kegiatan yang tidak terlalu berguna ini dapat membuat kita semakin boros. Semisal kamu nongkrong di cafe sebanyak 7 kali dalam 1 minggu, dan sekali nongkrong kamu menghabiskan 30 ribu. 1 minggu saja kamu sudah menghabiskan 210 ribu. Bayangkan berapa banyak uang yang kamu habiskan selama 1 tahun? Rp. 10.920.000 per tahun. Itu saja masih asumsi per harinya 30 ribu. Bisa jadi kamu hanya nongkrong sebanyak 3 kali dalam seminggu, namun pengeluaran tetap 210 ribu per minggu.

Rokok

Siapa sangka jika rokok dapat memperburuk cashflow kita. Setiap orang memiliki pengeluarannya sendiri untuk rokok. Namun anggap saja setiap harinya, kamu bisa menghabiskan 1 bungkus rokok dengan harga 20 ribu. Bayangkan saja per minggunya kamu sudah menghabiskan 140 ribu dan pertahunnya Rp. 7.300.000.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman Pengantar Tidur

Jajan

Sekarang waktunya mengurangi budget untuk jajan. Mengapa bisa begitu? Pasalnya jajan bisa membuat hidup kita jadi lebih boros. Jajan disini termasuk makan diluar, camilan dan lain lain. Anggap saja per hari kita bisa menghabiskan 40 ribu untuk keperluan jajan, per tahun saja kita sudah bisa menghabiskan Rp. 14.600.000. Mulai sekarang, ganti kebiasaan jajan diluar dengan membawa bekal sendiri ketika pergi ke kantor.

Dengan asumsi di atas, kita bisa menghitung berapa banyak uang yang kita keluarkan hanya untuk pemborosan sementara. Uang nongkrong di kafe + uang rokok + uang jajan, Rp. 10.920.000 + Rp. 7.300.000 + Rp. 14.600.000 = Rp. 32.820.000 per tahunnya.

Baca Juga :  Berbagai Macam Sumber Backlink Untuk Websitemu

Sebenarnya kita masih bisa berhemat, kita tidak perlu mengeluarkan uang 32 juta hanya untuk pemborosan. Caranya adalah dengan memotong 50% dari 32 juta tersebut. Jadi kita bisa berhemat 16 juta per tahun.

Comment

News Feed