by

Hal yang Dilarang Saat Berkendara

Beberapa hal yang dilarang saat berkendara tentu harus Anda perhatikan terlebih jika membawa kendaraan di jalanan ramai. Tujuannya yakni satu, demi menjaga keselamatan bagi diri sendiri dan juga orang lain di sekitarnya. Lantas apa sajakah itu?

3 Hal yang Dilarang Saat Berkendara
Berkendara dengan jenis kendaraan apapun, tentu harus memperhatikan apa peraturan yang sebenarnya perlu ditaati. Pastinya ada beberapa larangan selama membawa mobil, motor atau bahkan truk ketika di jalanan. Berikut ulasannya:

  1. Penggunaan Telepon Seluler
    Pasti Anda sudah sering mendengar larangan satu ini dimana pengendara tidak diperbolehkan menggunakan telepon seluler selama berkendara. Fokus yang terpecah tentu akan sangat membahayakan dan bisa meningkatkan resiko kecelakaan.
    Alangkah lebih baik apabila berhenti sejenak terlebih dahulu dan baru mengakses telepon seluler baik untuk menerima panggilan atau membalas pesan. Begitu pun jika Anda ingin menggunakan layanan GPS di HP, sebaiknya jangan melihatnya ketika sedang memegang kemudi.
  2. Kondisi Tubuh Sedang Tidak Fit
    Tidak hanya memerlukan konsentrasi yang penuh, setiap pengendara harus memastikan jika kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan sehat dan fit. Harapannya agar menjaga keseimbangan selama berkendara.
    Sangat tidak dianjurkan bagi pengendara untuk melanjutkan perjalanan jika sedang sakit, lemas, pusing atau bahkan setelah mengonsumsi obat-obatan terlarang. Jangan paksakan tetap mengemudi apabila kondisi badan pun kurang mendukung.
  3. Mendengarkan Musik
    Perlu Anda ketahui bahwa mendengarkan musik saat berkendara nyatanya dilarang oleh Kepolisian. Kegiatan ini akan merusak konsentrasi pengendara jika mereka terlalu asyik untuk menikmati pemutaran lagu tersebut.
    Terlebih kepada pengendara motor yang mendengarkan musik dengan mengenakan headset. Hal seperti ini bisa mengurangi kepekaan sistem pendengaran mereka terhadap pemberitahuan palang pintu kereta api, bunyi klakson dari kendaraan di belakangnya atau kondisi di sekitarnya.

    Demikian ketiga hal yang dilarang saat berkendara paling utama perlu Anda perhatikan demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Pastikan untuk selalu mengemudi dalam keadaan prima agar konsentrasi tidak akan terpecah selama di perjalanan.
Baca Juga :  Bentuk Tuyul yang Sebenarnya

Baca juga : Tips Membeli Mobil Second

Comment

News Feed