by

Hal-Hal yang Menyebabkan Mobil Cepat Rusak

-Otomotif-191 views

Kunci Berita – Ada hal-hal yang menyebabkan mobil cepat rusak yang perlu Anda ketahui. Sebagai pemiliknya, maka harus mengetahui bagaimana cara merawatnya sekaligus meminimalkan terjadinya kerusakan pada kendaraan roda empat tersebut.

3 Hal yang Menyebabkan Mobil Cepat Rusak
Sering bepergian menggunakan mobil pribadi memang cukup menyenangkan. Sayangnya Anda perlu memperhatikan dan lebih peka apa saja hal-hal yang membuat kendaraan tersebut menjadi cepat rusak mulai dari gaya menyetir hingga cara perawatan kurang telaten.

  1. Mengendarai Mobil Asal-Asalan
    Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan dari pemilik mobil yang justru membuatnya menjadi cepat rusak. Salah satunya yaitu memindahkan gigi dengan perpindahan cukup kasar serta melupakan untuk menginjak pedal kopling bagi transmisi manual.
    Kebiasaan lain yang juga membuat mobil cepat rusak namun sering diabaikan yakni mengerem secara mendadak. Hal ini mungkin biasa dilakukan oleh banyak orang ketika berada dalam kecepatan tinggi padahal rem akan mengalami aus dalam waktu singkat.
  2. Gigi Netral saat Jalan Menurun
    Jangan sekali-kali mengganti gigi ke posisi netral pada saat melewati jalanan menurun. Secara teknis, mobil memang melaju lebih ringan dan cepat namun hal ini bisa memungkinkan pengendara untuk melakukan pengereman secara mendadak.
    Tentu saja kebiasaan seperti ini cukup berbahaya jika sering dilakukan. Mobil yang melaju dengan kecepatan kencang, akan sulit untuk dikontrol sehingga meningkatkan resiko kecelakaan. Sebaiknya pindahkan posisi gigi ke L/D di transmisi otomatis dan gigi 3 di manual.
  3. Lampu Lupa Dimatikan
    Lampu mobil memang membantu penglihatan ketika sedang berkendara di malam hari. Sayangnya jika Anda menyalakannya dalam waktu lama justru membuat mesin di dalamnya mudah cepat rusak karena tidak berfungsi semestinya. Pasalnya menyalakan lampu mobil akan membutuhkan tenaga dari aki dimana ketika mesin mati maka aliran tersebut secara otomatis bisa mati. Hal ini bisa membuat sumber cadangan pun habis dan mengganggu fungsi kerjanya.
Baca Juga :  HONDA akan mengeluarkan WR-V di tahun ini ?

Ketiga poin di atas mengenai hal-hal yang menyebabkan mobil cepat rusak yang perlu Anda ketahui demi menjaga keawetannya. Pastikan untuk merawatnya secara maksimal dengan salah satunya yakni memperhatikan kebiasaan saat berkendara, semoga bermanfaat untuk pembaca Kunci Berita.

Baca juga : Usul Motor Listrik Masuk e-Catalogue Biar Diborong Pemerintah

Comment

1 comment

News Feed