by

Apa yang Dilakukan Setelah Berolahraga?

Golden Window sendiri ialah waktu dimana tubuh kita memiliki kondisi yang sangat baik untuk menyerap nutrisi. Golden window terjadi setelah 30 menit anda berolahraga. Tidak sembarang hal bisa anda lakukan tatkala golden window terjadi.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika golden window terjadi. Hal hal tersebut anda lakukan agar tubuh anda tetap sehat. Berikut ini adalah hal hal yang sebaiknya anda lakukan ketika setelah berolahraga.

golden window

1. Memakan Makanan yang Banyak Mengandung Nutrisi

Setelah anda berolahraga, ada baiknya, memakan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Makanan tersebut meliputi buah buahan, sayuran, dan lain sebagainnya. Sebisa mungkin, hindari makanan yang mengandung pengawet.

Makanan yang memiliki bahan pengawet, dikhawatirkan pengawet tersebut masuk kedalam tubuh anda ketika golden window. Tentu saja tak baik apabila pengawet tersebut terserap ke dalam tubuh anda. Gantilah makanan makanan tersebut dengan makanan bergizi lainnya.

2. Melakukan Peregangan

Ketika sedang berolahraga, otot otot kita akan bekerja keras dan akan membuat otot anda menjadi tegang. Oleh karena itu, lakukanlah pendinginan setelah anda berolahraga. Cara pendinginan setelah berolahraga sangat mudah, yaitu dengan merilekskan dan melemaskan semua otot otot anda.

Ada baiknya peregangan otot dimulai ketika otot masih panas. Lakukanlah peregangan otot paling sebentar 10 menit. Pada fase peregangan inilah otot otot yang awalnya dari menegang, kemudian dibuat melemas. Pembuatan lemas otot pun juga harus dengan dilakukan olahraga kecil. 

3. Meminum Air Putih

Air putih sangat baik untuk proses metabolisme anda. Selain sangat baik untuk metabolisme, air putih juga berfungsi sebagai pengganti cairan cairan yang keluar ketika berolahraga. Hal ini dapat menghindari anda dari ancaman dehidrasi.

Saya sarankan kepada anda untuk meminum air putih saja, bukan air campuran lainnya. Air putih yang murni dapat mengeluarkan racun racun yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, air putih tersebut juga mampu memenuhi asupan oksigen untuk jantung anda.

Baca Juga: Apakah Mencuci Tangan dalam Waktu Lama Itu Lebih Bagus?

4. Penuhi Asupan Karbohidrat dan Protein

Ada banyak sekali sumber karbohidrat yang bisa kita temui. Diantaranya ialah nasi, jagung, gandung, daging dan lain sebagainnya. Makanan makanan tersebut bisa menjadi alternatif penggantian energi yang telah terbuang pasca olahraga.

Makanlah makanan yang berkarbohidrat 30 menit setelah berolahraga. Karbohidrat dan protein tersebut langsung diolah oleh tubuh menjadi pembangun otot. Jadi anda jangan takut akan kegemukan, karena semuanya telah digunakan optimal oleh tubuh.

News Feed