by

Sering Dilupakan, Inilah Fungsi Segitiga Pengaman Pada Mobil

-Otomotif-117 views

Bagi pengemudi kendaraan roda empat tentu saja ada beberapa hal yang harus anda pahami terkait dengan etika ketika mengemudi di jalan raya. Salah satu yang sering dilupakan oleh pengemudi adalah terkait pemasangan segitiga pengaman. Lalu sebenarnya apa sih pentingnya melakukan pemasangan segitiga pengaman saat mengemudi di jalan raya?

Sebelumnya perlu anda ingat jika segitiga pengaman adalah perangkat keamanan yang wajib ada di kendaraan roda empat anda. Fungsi utama dari segitiga pengaman adalah untuk tanda peringatan kepada pengguna kendaraan lain di jalan raya bahwa mobil anda sedang mengalami masalah.

Baca juga : Karena Corona, Nissan Menutup Pabrik Mereka Di Indonesia

Kapan Segitiga Pengaman Dipasang?

Seorang pengemudi wajib memasang segitiga pengaman ketika mengalami masalah di jalanan misalnya mogok atau permasalahan lain di area yang berbahaya, seperti di belokan atau di trek lurus. Saat kondisi seperti itu segitiga pengaman harus dipasang untuk memberi isyarat kepada pengendara lain agar mereka tahu jika kita sedang berhenti di depannya.

Aturan Pemasangan Segitiga Pengaman

Pemasangan segitiga pengaman tidak boleh asal pasang sembarangan, apalagi saat kondisi sedang berbahaya. Ada aturan-aturan tersendiri terkait pemasangan dari segitiga pengaman yang wajib dipatuhi oleh pengendara.

Untuk pemasangan di jalan non tol (jalanan yang padat atau sesudah tikungan) setidkanya pengendara harus memasang segitiga pengaman dengan jarak 30 meter dari posisi mobil berhenti. Sedangkan ketika berada di bahu jalan tol, tentu saja akan lebih bahaya karena memiliki potensi kecelakaan yang tinggi. Setidaknya pengendara harus memasang segitiga pengaman dengan jarak 50 meter dari mobil berhenti.

Pada jalan tol memang seharusnya jarak pemasangan segitiga pengaman harus lebih jauh karena di jalan yang bebas hambatan ini mobil akan melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi. Untuk itu tingkat kemungkinan kecelakaan juga lebih tinggi.

Kendaraan yang melaju dengan cepat tentu saja tidak bisa berhenti mendadak apabila kita memasang segitiga pengaman terlalu dekat. Untuk itu, agar lebih aman pemasangan segitiga pengaman harus lebih jauh agar pengendara lain bisa mengendalikan kendaraanya.

Comment

News Feed