by

Fitur Keamanan pada Smartphone

Kunci Berita – Ada beberapa fitur keamanan pada smartphone yang perlu Anda ketahui demi meminimalkan resiko kebocoran data pribadi atau pihak lain kurang bertanggung jawab secara sengaja membobol HP. Tentu hal ini sangat merugikan sehingga harus diperketat untuk mengamankannya.


Keamanan pada Smartphone
Keamanan pada Smartphone ini seringkali disebut sebagai System Security Default sehingga memang sudah disediakan secara bawaan pada ponsel pintar tersebut. Jadi setiap pengguna pun bisa saja jika ingin menambahnya dengan mengunduh aplikasi bantuan dari Google Play Store.

  1. PIN
    PIN ini menjadi salah satu model System Security Default secara default yang sudah pasti ada di dalam sistem operasi Android. Umumnya banyak pengguna sudah mengetahui bagaimana cara penggunaannya dimana hanya akan membuat beberapa digit angka untuk membukanya.
    Fitur keamanan berupa PIN ini pun sudah cukup aman meskipun tidak begitu disukai oleh para pengguna ponsel pintar zaman sekarang. Sayangnya pihak kurang bertanggung jawab pun tentu masih bisa berpeluang mengacak angka untuk membuka kunci.
  2. Password
    Sama halnya dengan PIN, tetapi System Security Default menggunakan password ini tidak hanya menggunakan angka saja melainkan akan memadupadankan dengan beberapa huruf saat membuatnya. Hal ini membuat tingkat keamanannya pun jauh lebih tinggi.
    Umumnya mekanisme seperti ini memang banyak disukai oleh pengguna Smartphone. Salah satu alasannya yakni karena lebih susah dibobol ketika Anda memasukkan password cukup random atau bahkan tidak tertebak sama sekali.
  3. Sidik Jari
    Adanya fitur keamanan berupa sidik jari ini dianggap yang paling aman lantaran tidak ada orang memiliki fingerprint dengan pola sama. Tentu hal ini menurunkan tingkat pembobolan data pribadi lewat smartphone.
    Fitur keamanan berupa sidik jari memang sangat aman namun sayangnya sebagian pengguna akan kesulitan jika HP nya sedang hilang atau ditemukan di tempat asing. Tentu saja orang lain pun tidak bisa mengaksesnya.
    Itulah tadi ketiga fitur keamanan pada smartphoneyang paling sering digunakan oleh pengguna ponsel pintar lantaran dianggap sangat praktis dan meminimalkan adanya pembobolan. Anda pun bisa menambah dengan menginstall beberapa aplikasi sebagai fitur tambahan.
Baca Juga :  Pandemi Corona, Masyarakat Bisa Hasilkan Uang Lewat Urban Farming

Baca juga : Tips Mudah Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Comment

News Feed