by

Daftar Perubahan Honda PCX 160 dari PCX 150

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan all new PCX 160. Selain itu, hadir juga PCX e:HEV atau hybrid.

All new Honda PCX 160 mendapat penyegaran desain dan mesin guna memperkuat posisinya di segmen skuter matik (skutik). Berikut perubahan Honda PCX 160 dari model PCX 150 sebelumnya.

Baca juga : AS Berhenti Kirim Senjata ke Saudi Demi Akhiri Perang Yaman

Desain dan fitur

Menurut Honda desain baru yang diaplikasikan pada PCX 160 mengusung konsep ‘Personal Comfort Saloon’. Sedangkan versi hybrid terdapat ubahan logi dan nama menjadi e:HEV sebagai simbol teknologi elektrifikasi Honda.

Desain lampu juga diubah, antaranya bagian depan yang bersudut dengan posisi lebih horizontal dan melebar. Ubahan juga ada pada lampu belakang, sedangkan sistem penerangan sudah menggunakan LED secara keseluruhan

Kemudian ada tampilan baru pada LCD panelmeter dengan desain lebih lebar. Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV.

Selain itu terdapat juga USB charger type A untuk melakukan pengisian daya Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system.

Rangka baru dan ban

PCX 160 juga menggunakan rangka baru yang diklaim lebih simple, namun makin memberi kenyamanan dan mendukung performa tinggi. Rangka ini tidak membuat Honda mengubah bentuk desain bodi.

Sedangkan bagian bagasi ada peningkatan kapasitas pada tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter serta untuk tipe e:HEV menjadi 24 liter.

Lalu kapasitas tangki bahan bakar juga lebih besar menjadi 8,1 liter. Perubahan juga ada pada area kaki pengendara yang kini lebih panjang 3 cm.

Baca Juga :  Cara Mengerem Motor Agar Tak Selip dan Oleng

Selain itu skutik ini didukung ban tubeless lebih lebar dari sebelumnya menjadi 110/70-14 bagian depam dan belakang 130/70-13. Ban dipadukan dengan pelek baru desain Y shaped 5 spoke.

Ubahan lain ada pada bagian suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan pengendara saat melintasi jalanan rusak.

Mesin baru

Mesin yang digunakan PCX saat ini lebih besar dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW (15,8 hp) pada 8500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Klaim Honda konsumsi bahan bakar mesin baru dapat mencapai 45 km per liter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

Sementara itu, PCX e: HEV atau hybrid dilengkapi motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif.

Terdapat juga fitur HSTC atau Honda Selectable Torque Control sebagai fitur cegah selip pada tipe ABS dan hybrid.

Harga

Di Indonesia PCX 160 dipasarkan Rp30,35 juta tipe CBS dan Rp33,95 juta versi ABS. Sedangkan model hybrid Rp43,55 juta dan semuanya sudah berstatus on the road Jakarta. Harga ini lebih mahal dari PCX 150 yang dijual mulai Rp29,843 juta.

News Feed