by

Ciri-Ciri Oli Mesin Sudah Minta Ganti

Dalam menjaga kerja mesin pada kendaraan  Anda perlu memperhatikan poin penting seperti harus mengetahui apa saja Ciri-Ciri Oli Mesin Sudah Minta Ganti, karena hal ini dapat mempengaruhi kinerja motor / mobil Anda, jika tidak segera diganti akan berakibat fatal.

Ciri-Ciri Oli Mesin Sudah Minta Ganti

Bagi sebuah kendaraan bermotor sudah pasti harus mengganti oli karena jika tidak justru akan merusak mesin dikarenakan kehilangan daya lumas. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan ciri-ciri ketika oli sudah waktunya ganti.

  • Warnanya Berubah Dan Teksturnya Menjadi Encer

Pada umumnya, kondisi oli yang sudah waktunya ganti adalah warnanya berubah menjadi hitam pekat dan teksturnya pun menjadi lebih encer. Padahal oli itu seharusnya berwarna kuning atau biru, nah jika warnanya saja sudah berubah seperti itu berarti Anda harus menggantinya.

Perubahan warna pada oli yang menjadi hitam pekat tersebut biasanya sudah terkontaminasi oleh banyaknya zat, gas NOx, kerak dan juga bensin yang tak terbakar jadi daya lumasnya menurun sehingga mesin cepat aus.

  • Adanya Suara Yang Kasar Saat Awal Start

Biasanya bagi kendaraan Anda yang sudah waktunya ganti oli, terdengar seperti suara kasar saat start. Nah, itu tandanya oli sudah seharusnya diganti dan cepat bawa ke dealer asli yang menangani motor / mobil Anda.

Asal dari bunyi tersebut biasanya berasal dari oli yang turun ke carter sehingga dalam head cylindernya tak mendapat pelumasan tepat di awal Anda start kendaraan bermotor  atau mobil tersebut. Cepatlah ganti olinya jika tak ingin kondisi mobil atau motor lebih parah dari ini.

  • Asap Yang Dikeluarkan Sedikit Berwarna

Biasanya ciri-ciri Anda harus ganti oli adalah asap mobil atau motor sedikit berwarna. Padahal asap normal itu, terutama pada mobil warnanya transparan. Hal ini bisa saja terjadi karena oli menguap dan akhirnya ikut terbakar dalam ruang bakar.

Baca Juga :  Valentino Rossi Umumkan Bergabung Bersama Petronas SRT

Oli yang sudah waktunya ganti ini biasanya akan menguap dalam PCV system jadi menghasilkan asap kendaraan mobil atau motor Anda memiliki warna sedikit keputihan. Oleh karena itu,, segeralah untuk ganti olinya sebelum terjadi hal buruk lain.

Mungkin seperti itulah artikel yang bisa Anda ketahui terkait dengan Ciri-Ciri Oli Mesin Sudah Minta Ganti. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, para pembaca akan mengetahui alasan dan kapan waktu yang tepat untuk ganti oli.

Baca juga : BagaimanaCara Merawat Motor Baru?

Comment

1 comment

News Feed