by

5 Cara Merawat Sepeda dengan Benar dan Tepat

Sepeda menjadi sarana transportasi yang banyak digemari oleh masyarakat. Hampir setiap keluarga di indonesia, pasti memiliki transportasi yang satu ini. Ada sepeda yang berharga murah, namun ada juga sepeda yang memiliki harga yang sangat mahal. Terlepas dari itu semua, bagaimana sih cara merawat sepeda yang benar?

Mencuci Ketika Sudah Mulai Kotor

Cara merawat sepeda yang harus dilakukan pertama kali ialah kebersihan sepeda. Sepeda yang kotor dan terlihat tidak terawat akan mengakibatkan sepeda tersebut gampang rusak. Oleh karenannya, perhatikan selalu kebersihan sepeda, mulai dari bodi, pelek ban sepeda, rantai sepeda dan lain sebagainnya.

Selalu Mengecek Angin Ban

Kenapa penting sekali buat selalu mengecek angin ban? Karena dengan mengecek angin ban, kita bisa menghindari segala kemungkinan kerusakan lanjut pada ban sepeda. Ban sepeda yang kekurangan angin, akan tertekan oleh beban dan mengakibatkan tekanan pada pelek ban. Hal ini lah yang memicu kerusakan pada jeruji dan pelek ban.

Memastikan Rantai Bersih dan Tetap Basah oleh Oli

Rantai menjadi komponen paling penting yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda. Jangan sampai rantai sepeda kamu menjadi kotor dan berkarat. Karena jika rantai yang kamu biarkan kering, akan mengakibatkan karat sehingga rantai dapat putus, kendor dan seret.

Baca Juga: Cara Membuat Gaya Hidup Menjadi Minimalis

Apabila Ada Kerusakan, Segera Bawa ke Bengkel

Jangan kamu sampai menyepelekan kerusakan pada sepeda, walaupun itu kecil. Semisal, ada mur atau baut yang terlepas, rantai mulai aneh, rem blong dan lain sebagainnya. Memperhatikan kerusakan kecil ini dapat membantumu mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. Oleh karena itu, langsung bawalah ke bengkel sepeda ketika sepedamu mulai rusak.

Jangan Membawa Beban yang Berlebih

Terakhir yang harus kamu perhatikan ialah beban sepeda. Agar bisa memiliki sepeda yang awet, saya sarankan untuk menggunakan sepeda dengan sewajarnya. Jangan sampai overload yang bisa bisa malah membahayakan dirimu dan sepeda. Karena kerusakan yang paling sering dialami oleh orang disebabkan oleh beban yang berlebih.

Cara merawat sepeda memang terlihat mudah. Oleh karenanya, rawatlah sepeda yang kamu miliki agar bisa tahan lama.

Comment

1 comment

News Feed