by

5 Cara Mudah Menghilangkan Demam Panggung

Demam panggung menjadi musuh terbesar buat orang yang sedang publik speaking. Memang gejala demam panggung ini tidak bisa dihindari, karena ini menjadi gejala mutlak terjadi oleh semua orang. Tapi tenang saja, ternyata demam panggung atau grogi bukanlah kebiasaan permanen loh, dan bisa dihilangkan. Berikut ini adalah cara menghilangkan demam panggung.

Hiraukan Segala Ocehan Orang Lain

Ketika kamu sedang menyampaikan informasi, materi, atau sedang berbicara di depan umum, coba untuk tidak memperhatikan orang yang menyindirmu. Hal ini justru dapat membuat konsentrasi kamu buyar. Konsentrasi yang buyar ujung ujungnya membuat orang menjadi demam panggung dan tidak bisa fokus lagi dalam publik speaking.

Perbaikilah Penampilan

Penampilan menjadi senjata utama agar lebih percaya diri. Audien yang pertama perhatikan ialah penampilan, oleh karena itu sebisa mungkin perbaiki penampilan agar menarik audien. Berpakaian rapi dan bersih menjadi andalan untuk meningkatkan impresi dan rasa ketertarikan terhadapmu.

Baca Juga: Tips Agar Bisa Publik Speaking dengan Mudah

Selalu Fokus

Fokuslah dengan apa yang kamu sampaikan supaya segala informasi yang ada di kepalamu dapat tersampaikan dengan baik. Fokus berkaitan erat dengan konsentrasi, dan konsentrasi sangat berkaitan erat dengan poin nomor pertama. Agar selalu fokus, kamu harus bisa mengendalikan atmosfer di atas panggung.

Berbicara dengan Jelas dan Lantang

Tatkala kamu sedang menyampaikan informasi, coba sampaikanlah dengan lantang dan jelas. Ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan diri yang ada pada dirimu dan membuat orang orang menjadi tertarik dengan apa yang kamu sampaikan. Sebenarnya ini adalah teknik klasik, namun masih bekerja sangat baik hingga sekarang.

Buatlah Jalan Pikir Apa yang  Hendak Kamu Sampaikan

Saat pikiran kamu buyar, langsung lakukanlah rekontruksi jalan pikir yang hendak kamu sampaikan. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak terlalu dalam terjerumus ke ke-grogi-an dan dengan begini dapat menghindarkan kamu dari gejala demam panggung.

Di atas adalah cara menghilangkan demam panggung saat kamu berada di atas panggung. Kamu bisa memodifikasi dengan caramu sendiri agar semakin cocok dengan gayamu.

Comment

1 comment

News Feed