by

Cara Menghemat Listrik dengan Mudah Tanpa Susah

Listrik merupakan kebutuhan paling penting buat manusia. Energi listrik bisa kita manfaatkan untuk segala hal yang dapat menunjang kehidupan, misal seperti menyalakan lampu, mencharge gadget, menyalakan perangkat elektronik dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun siapa sangka jika listrik yang kita kenal dapat habis, tak heran jika harga listrik akan merangkak mahal. Maka dari itu kamu harus menghemat penggunaan listrik dengan mengikuti cara menghemat listrik dengan mudah.

transmisi listrik

Pastikan untuk Mematikan Perangkat Elektronik di Malam Hari

Ketika kita beristirahat di malam hari, ada beberapa perangkat elektronik yang dimana tidak kita gunakan, salah satunya ialah lampu. Jika merasa lampu tersebut tidak kamu gunakan, kamu harus segera mematikannya agar biaya listrikmu tidak bengkak. Gantilah dengan lampu tidur, karena lampu jenis ini biasanya akan lebih hemat pengeluaran.

Baca Juga: Cara Menghemat Air Agar Tagihan Tidak Bengkak

Gunakanlah Timer untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Sekarang ini, perangkat elektronik sudah banyak yang canggih. Kamu bisa mematikan perangkat tersebut dengan memberikannya timer. Gunakanlah timer ini untuk mematikan perangkat elektronik yang tidak akan dibutuhkan. Semisal ketika kamu sedang menonton tv, jangan lupa untuk memberikannya timer agar ketika kamu ketiduran nantinya bisa secara otomatis tv tersebut mati.

Jangan Boros di Siang Hari

Percaya atau tidak, tagihan listrik untuk siang hari sedikit lebih mahal ketimbang malam hari loh. Hal ini dikarenakan panas matahari akan membuat kabel kabel yang ada di dalam rumah sedikit memuai. Karena pemuaian ini, terjadilah hambatan yang besar sehingga membutuhkan daya yang sedikit lebih besar pula. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan barang elektronik yang sekiranya penting.

Menggunakan Pulsa Listrik

Mungkin diantara kamu ada yang bingung, emang benar dengan menggunakan pulsa listrik bisa jauh lebih hemat? Keuntungan menggunakan pulsa listrik ialah kamu bisa mengatur dan melihat seberapa besar pengeluaranmu per bulan untuk urusan listrik. Sehingga di bulan berikutnya kamu bisa lebih bijak untuk menggunakan listrik. 

Perhatikan beberapa cara menghemat listrik yang perlu kamu ketahui. Dengan menghemat listrik, kita bisa membantu saudara kita yang masih kekurangan listrik diluar sana.

Comment

1 comment

News Feed