by

Cara Menghemat Air Agar Tagihan Tidak Bengkak

Selain listrik, air juga merupakan kebutuhan paling penting buat makhluk hidup. Jika kita masih bisa hidup tanpa listrik, namun kita tidak bisa hidup tanpa air. Perlu kamu ketahui, walaupun air di muka bumi sangat melimpah, namun hanya sedikit air yang ada di daratan dan layak konsumsi. Oleh karena itu, perlu kamu ketahui beberapa cara menghemat air agar bisa digunakan oleh anak cucu kita.

air segar yang mengalir

Mandi dengan Menggunakan Shower

Siapa sangka jika shower ternyata dapat sedikit membantu untuk penghematan air loh ketimbang ciduk. Hal ini dikarenakan shower mengeluarkan air yang sedikit namun rata. Jadi seluruh badanmu akan terbasuh oleh air secara merata. Apalagi kamu menyiram tubuhmu dari atas kepala, tentu seluruh bagian tubuh akan terkena oleh air.  Selain itu, kamu juga bisa mengatur besar kecilnya air yang keluar dari shower tersebut.

Matikanlah Keran Ketika Tidak Digunakan

Cara ini terlihat mainstream, namun ternyata ada beberapa kasus yang dimana orang tidak sadar jika ia boros air karena tidak mematikan keran. Semisal ketika kamu sedang membasuh tangan, ketika sedang menggunakan sabun, kamu biarkan keran terbuka begitu saja. Ini justru dapat membuat pemakaian air menjadi lebih boros. 

Buatlah Sumur Pribadi

Jika kamu masih mengandalkan air dari PDAM dan takut tagihan air kamu membengkak, maka cara yang paling mudah untuk menghemat pengeluaran biaya air adalah dengan membangun sumur. Sangat beruntung sekali jika lokasi rumahmu dapat mengeluarkan air sumur dengan mudah. Kamu bisa menggunakan air tersebut ketika air PDAM sedang mati.

Baca Juga: Bagaimana sih Cara Menjaga Semangat Menulis?

Jangan Membuka Keran Terlalu Penuh

Tanpa kita sadari, pembengkakan tagihan air bulanan salah satu faktornya ialah kita sering membuka keran terlalu lebar. Apalagi hanya untuk mencuci tangan, tentu ini akan membuat tagihan air kamu semakin besar. Untuk mengakalinya, cukuplah dengan membuka keran setengah saja atau bahkan ¼. Dengan begini, efisiensi penggunaan air akan semakin lebih besar. 

Perhatikanlah beberapa cara menghemat air agar pengeluaran tidak bengkak. Gunakanlah cara cara di atas agar kamu bisa lebih menghemat uang untuk kebutuhan air.

Comment

1 comment

News Feed