by

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Bahan Alami, Aman Dilakukan

Sakit kepala yang kerap datang tiba-tiba sangat mengganggu aktivitas. Biasanya sebagian orang memilih langsung menenggak obat pereda sakit kepala. Padahal sakit kepala juga dapat dicegah dengan sejumlah cara alami berikut ini.

Penyebab pasti munculnya sakit kepala sering kali tidak diketahui. Sakit kepala harian kronis umumnya tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi.

Baca juga : Kawah Meteorit Berusia 100 Juta Tahun Ditemukan Penambang Emas

Beberapa kondisi yang dapat memicu sakit kepala di antaranya peradangan atau masalah pada pembuluh darah, infeksi, dan cedera.

Sakit kepala juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor risiko seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, obesitas, konsumsi kafein berlebih, nyeri kronis, dan komplikasi. Membentengi tubuh dari faktor-faktor risiko juga dapat mencegah datangnya sakit kepala.

Berikut cara alami mencegah sakit kepala.

1. Hindari pemicu sakit kepala

Hindari hal-hal yang dapat memicu Anda merasa sakit kepala. Ingat-ingat kembali hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda sakit kepala. Misalnya, sakit kepala kerap muncul saat dipicu cahaya, keramaian, atau kelelahan.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dan teratur setiap malam dapat membantu mengurangi sakit kepala. Tidur yang cukup membantu organ untuk rehat dan terhindar dari peradangan.

Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-10 jam setiap malam dengan waktu yang teratur.

3. Kelola stres

Kelola stres dapat mencegah munculnya sakit kepala. Stres yang berlebihan dapat memicu sakit kepala. Cari tahu penyebab stres dan atasi dengan berbagai cara yang menyenangkan untuk merilekskan tubuh.

4. Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur dapat meredakan stres dan juga mencegah sakit kepala. Olahraga baik untuk tubuh dan juga pikiran. Olahraga membantu aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kepala menjadi lebih lancar.

Baca Juga :  Planet Saturnus Berubah Saat Musim Panas

5. Gunakan bantal yang tepat

Posisi kepala saat tidur juga dapat berpengaruh terhadap sakit kepala. Gunakan bantal yang dapat menjaga kepala dan leher dalam posisi yang stabil dan nyaman. Hindari bantal yang membuat otot leher tegang sehingga memicu sakit kepala.

6. Menghindari makanan atau minuman tertentu

Hindari makanan dan minuman tertentu yang dapat memicu sakit kepala. Pada setiap orang makanan dan minuman ini dapat berbeda-beda. Misalnya, hindari makan yang terlalu manis, terlalu asam, atau pahit. Sejumlah orang sensitif terhadap rasa tertentu.

7. Makan tepat waktu

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi secara teratur dan tepat waktu. Dikutip dari Mayo Clinic, terlambat makan dapat menaikkan asam lambung dan juga memicu munculnya sakit kepala.

Jika Anda sudah mengubah gaya hidup sehat dan sakit kepala tak tertahankan kerap datang, hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Comment

1 comment

News Feed