by

Cara Flash Smartphone Android

Kunci Berita – Bagi pemilik ponsel baru, kebanyakan dari mereka justru tidak mengetahui bagaimana cara flash Smartphone Android. Hal ini berfungsi untuk mengatasi HP jika mengalami bootloop, memperbaiki sistem error atau bug, mengganti stock room dengan custom room agar lebih bervariasi.

Cara Flash Smartphone Android tanpa Menggunakan PC

Langkah pertama ini bisa Anda lakukan tanpa menggunakan PC atau laptop. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu jika smartphone Android dalam keadaan full battery dan juga tombol volume dan power berfungsi dengan baik. Selanjutnya ketahui masing-masing kode reset HP sesuai merknya.

Misalnya Samsung yaitu tekan bersamaan power, volume atas dan home secara bersamaan. Berikutnya Anda bisa masuk ke recovery mode dengan mematikan HP terlebih dahulu lalu menekan kode reset sesuai merk masing-masing. Fungsi touchscreen tidak akan berfungsi selama proses ini.

Anda perlu melakukan factory reset atau wipe data dengan menggunakan tombol volume lalu tekan power. Lakukan konfirmasi melalui menu Yes pada layar. Tunggulah proses reset selesai dilakukan selama 15 menit. Selanjutnya klik opsi reboot system now dan restart HP sebagai langkah terakhir.

Cara Flash Smartphone Android dengan Menggunakan PC

Cara berikut ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan PC. Pertama-tama, persiapkan dahulu beberapa alat seperti aplikasi Odin versi terbaru, firmware atau ROM sesuai tipe smartphone masing-masing dan terakhir instalasi Android USB Driver.

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Android USB Driver dan Odin di PC atau laptop. Sebelumnya, pastikan baterai HP setidaknya terisi di atas 60% untuk mencegah kehabisan daya ketika proses flashing dilakukan. Berikutnya, matikan smartphone Android melalui tombol power.

Klik tombol power, home dan volume down secara bersamaan. Tunggu sampai masuk ke download mode. Bukalah aplikasi Odin dan lakukan konfigurasi. Pastikan data berhasil masuk ke dalamnya dan tekan Start untuk memulai proses flashing. Cabut USB dari komputer jika muncul ikon berwarna hijau. Cara flash Smartphone Android memang terlihat cukup menakutkan bagi kebanyakan pengguna terutama jika mereka tidak memiliki keahlian dalam sistem internal HP. Alangkah lebih baik jika diserahkan kepada tukang servis agar hasilnya lebih memuaskan.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartphone Berharga Murah Namun Berkualitas

Baca juga : Kenali 4 Jenis Vaksin Berdasarkan Kandungan di Dalamnya

Comment

News Feed