by

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Makanan? Ini Jawabannya

Sejumlah pakar meragukan kemungkinan penularan Covid-19 dari makanan. Makanan dinilai sangat tidak mungkin menjadi sumber kontaminasi infeksi virus corona.

The International Commission on Microbiological Specifications for Foods (ICMSF) mengatakan bahwa terlalu sedikit bukti yang memperlihatkan bahwa SARS-CoV-2 dapat mengontaminasi makanan atau kemasan.

Baca juga : Tips Hemat Baterai Smartphone

Temuan mereka selaras dengan laporan sebelumnya dari Food and Drug Administration (FDA) yang menyebutkan bahwa tak ada risiko nyata terinfeksi virus corona penyebab Covid-19 dari makanan atau kemasannya.

ICMSF mengajak masyarakat untuk tetap tenang. Mereka mengatakan, tak ada makanan yang harus dianggap sebagai risiko penularan Covid-19.

Kendati demikian, masyarakat tetap diajak untuk menekankan praktik kebersihan makanan yang baik.

Kekhawatiran Kontaminasi Virus pada Makanan

Kekhawatiran atas penularan Covid-19 melalui makanan dimulai pada Maret 2020 lalu. Sebuah penelitian yang diterbitkan New England Journal of Medicine menemukan virus SARS-CoV-2 dapat terdeteksi pada sejumlah jenis permukaan dalam beberapa lama.

Namun, penelitian tersebut tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat membantu menonaktifkan virus seperti sinar matahari atau cairan disinfektan.

Kebanyakan ahli sepakat bahwa pola hidup bersih tetap menjadi yang terpenting dalam rangka pencegahan Covid-19. Rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan memakai masker adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan.

Comment

1 comment

News Feed