by

Biar Jantung Tetap Sehat, Makanan yang Baik untuk Penyakit Jantung

Penderita penyakit jantung tidak bisa makan sembarang makanan. Lantaran jenis makanan tertentu bisa memicu kenaikan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Untuk itu, simak makanan yang baik untuk penyakit jantung agar dapat memaksimalkan kesehatan jantung Anda.

Baca juga : Google Meet di Android dan iOS Kini Punya Fitur Noise Cancellation

Diet dan penyakit jantung

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari kematian di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia, merujuk Riskesdas Kementerian Kesehatan Tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi penyakit jantung tergolong berada di peringkat tertinggi sebesar 1,5 persen.

Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Apabila Anda sudah didiagnosis mengidap penyakit jantung, baik itu jantung koroner, aritmia, serangan jantung, dan sebagainya, berikut makanan pantangan yang harus dihindari.

1. Makanan tinggi lemak dan kolesterol

Kolesterol dan lemak berlebih menyebabkan terhambatnya aliran oksigen ke jantung.

Penderita jantung dilarang keras mengonsumsi makanan seperti daging kambing, bebek, kepiting, udang, mentega, keju, dan santan. Kemudian, gorengan dan makanan cepat saji (fast food), makanan olahan seperti kornet, nugget, sosis.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang terasa sangat nikmat dan digemari banyak orang di berbagai kalangan usia. Namun makanan cepat saji sangat tidak disarankan bagi penderita sakit jantung.

Fast food rendah serat dan gizi. Selain itu, tingginya sodium, lemak trans, karbohidrat, dan gula tak hanya berdampak buruk bagi jantung, tapi juga mengganggu liver, ginjal, dan sistem perencanaan.

Makanan cepat saji yang paling harus dihindari adalah kentang goreng, keripik kentang, burger.

3. Makanan dan minuman manis

Terdapat studi yang dilakukan pada lebih dari 30.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 17 hingga 21 persen kalori dari gula berlebih, rentan meninggal akibat sakit jantung.

Baca Juga :  Ahli Vaksin Prediksi Covid-19 akan Membunuh 500 Juta Hiu

Selain itu, makanan atau minuman tinggi gula memicu obesitas. Obesitas mengurangi elastisitas pembuluh darah, sehingga mudah kaku dan mengalami penyempitan. Inilah alasannya orang obesitas rentan terserang aterosklerosis yang berujung pada penyakit jantung koroner.

Makanan yang Baik untuk Penyakit Jantung

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sahabat baik bagi penderita sakit jantung. Pola makan sehat tak pernah luput dari menu ini. Ragam nutrisi pada sayuran hijau mampu menekan risiko terkena serangan jantung.

Dari banyaknya sayuran hijau, brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau, pakcoy, dan asparagus adalah pilihan terbaik. Sayuran ini mengandung vitamin C, vitamin E, folat, kalium, kalsium, dan serat yang membantu fungsi jantung bekerja normal.

2. Kentang

Kandungan kalium dalam kentang berperan menurunkan tekanan darah sehingga baik bagi jantung. Kentang bisa menggantikan nasi putih pada menu makan harian Anda ditambah dengan sayur hijau.

Selalu ingat, jangan konsumsi kentang dengan cara digoreng karena minyak goreng merupakan salah satu sumber kolesterol. Cara terbaik mengonsumsi kentang bagi penderita sakit jantung adalah dengan mengukus atau merebusnya.

3. Ikan

Situs kesehatan Mayo Clinic mengungkapkan ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 mampu membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Jenis ikan dengan asam lemak omega 3, yaitu sarden, tuna, dan salmon. Ikan sarden dan tuna, bisa ditemukan di pasar tradisional dan harganya relatif lebih murah ketimbang salmon.

Comment

1 comment

News Feed