by

Bagaimana Cara Menghemat Bensin yang tepat? Ini Penjelasannya

Sudah menjadi pengeluaran yang wajib bagi kita yang menggunakan bensin. Entah itu digunakan untuk menggerakan diesel, transportasi, mesin atau yang lainnya. Pengeluaran yang kontinu ini harus segera anda batasi agar tidak menjadi beban ekonomi anda.

Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam penghematan bensin. Sebagai pengendara motor atau mobil yang bijak, anda harus mengetahui semua hal ini. Lalu, bagaimana cara menghemat bensin? Tak ada salahnya anda menyimak penjelasan berikut ini. 

bagaimana cara menghemat bensin

Meringankan Beban Kendaraan

Kendaraan yang berat dapat menguras lebih banyak energi untuk menjalankannya. Oleh karena itu, buatlah kendaraan anda seringan mungkin dengan cara meminimalisir barang bawaan. Apabila anda menggunakan motor, anda bisa membatasi beban penumpang.

Aturlah untuk anda sendiri kapasitas beban maksimum motor anda. Semisal saja dengan membatasi agar tidak membonceng lebih dari 130kg. Lalu bagaimana cara memanajemen hal tersebut? Caranya mudah, anda tidak memboncengkan beban berat atau memboncengkan orang yang relatif kecil.

Baca Juga: Hidup Hemat Buat Anak Kos, Ternyata Mudah

Pengaturan Gigi Yang Tepat

Jikalau anda mengendarai motor atau mobil di daerah yang berbukut, maka pengaturan gigi yang tepat ialah dengan gigi rendah. Begitu pula jika anda menggunakannya di daerah yang cenderung datar, anda bisa menggunakan gigi yang lebih tinggi.

Mengapa anda harus mengatur gigi dengan tepat? karena gigi yang tidak tepat di medannya, akan mengakibatkan pemborosan bensin. Semisal saja, jika anda sedang berkendara di daerah perbukitan lalu anda menggunakan gigi tinggi. Maka yang terjadi ialah pemborosan tenaga untuk menggerakan mesin kendaraan.

Mengganti Pelumas Motor Secara Berkala

Pelumas sendiri berfungsi untuk mencegah pengkaratan mesin dan untuk memperlancar kerja mesin. Gunakanlah pelumas yang cocok untuk mesin kendaraan anda. Pelumas inilah yang nantinya dapat membantu penghematan bensin.

Penggantian pelumas itu sangatlah penting. Hal ini dikarenakan apabila pelumas tidak diganti secara berkala, pelumas akan kotor dan nilai efektifitasnya sudah tidak ada lagi. Periode penggantian pelumas ialah 2 bulan sekali (2500 – 3000 km) untuk motor dan 6 bulan sekali (10.000 km) untuk mobil. 

Comment

News Feed